oleh

Tekan Angka Kekerasan Anak, DP3AP2KB Perkuat Program PATBM

Kabar6-Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang bentuk program Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang, Irna Rudiana menjelaskan, PATBM adalah sebuah gerakan dari jaringan atau kelompok warga pada tingkat masyarakat yang bekerja secara terpadu untuk mencapai tujuan perlindungan anak.

“104 kelurahan di Kota Tangerang sudah membentuk PATBM ini,” kata Irna Rudiana kepada Kabar6.com, Jumat (24/5/2019).

Rencananya program perlindungan anak ini akan menyentuh tingkat RT dan RW. namun, menurut Irna, semua itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

“Sudah, setiap kelurahan sudah ada. Cuman untuk sampai di tingkat RT dan RW butuh waktu. Karena tahun lalu kita membentuk, tahun ini kita penguatan dan setelah lebaran kita mau mencoba masing-masing bekerja,” terang Irna.

Program tersebut, menurut Irna, bersifat kerelawanan dan berupaya mendorong masyarakat lewat kepedulian yang ada hingga menyediakan pelatihan bagi para relawan.

Kendati demikian, hal itu mengalami kendala karena terbatasnya anggaran.

**Baca juga: Kekerasan Terhadap Anak di Kota Tangerang Cukup Tinggi.

Namun, ia menargetkan tahun 2019, dari 2004 RW yang ada di Kota Tangerang dapat melaksanakan program dalam meminimalisir angka kekerasan terhadap anak.

Program tersebut tentunya mempunyai perbedaan dengan kondisi suasana tempat tinggal yang ditempati masyarakat.

“Harus nya tahun ini ada RT/RW yang peduli, kita coba dorong lewat kelurahan. Ada 2004 RW.Namun, itu ada yang aktif dan ada yang tidak. Jadi nggak bisa sama ratakan dari setiap daerah,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru