oleh

Teh Hijau Ampuh Atasi Stres

Kabar6-Teh hijau sudah banyak dikenal sebagai salah satu minuman yang dapat membantu program diet. Selain itu, teh hijau mengandung antioksidan yang sangat kuat.

 

Teh hijau juga berkhasiat melancarkan sistem kardiovaskular serta mencegah berbagai kanker dan penyakit Alzheimer. Orang yang rajin mengonsumsi teh hijau, memiliki risiko pneumonia 47 persen lebih rendah dan risiko kanker darah 42 persen lebih rendah.

 

Dan satu lagi kelebihan teh hijau, yaitu ampuh untuk mencegah stres. Sebuah penelitian dilakukan melalui survei terhadap sekitar 42 ribu orang Jepang, yang berusia 40 tahun ke atas.  ** Baca juga: Yuk Konsumsi Makanan Ini Agar Panjang Umur

 

Sebanyak 2.700 peserta survei adalah penderita stres. Para peneliti menemukan bahwa risiko stres turun sebanyak 20 persen, setelah minum lima cangkir teh hijau, dalam konsumsi harian.

 

Semakin banyak meminum teh hijau, tingkat stres akan berkurang. Temuan lain menunjukkan bahwa minum teh hijau empat cangkir lebih dalam konsumsi harian, memiliki risiko depresi moderat 44 persen lebih rendah.

 

Hal itu disebabkan karena teh hijau mengandung L-theanine yang memiliki efek relaksasi pada otak. Dengan meningkatkan frekuensi gelombang alfa otak, frekuensi gelombang beta yang berhubungan dengan ketegangan mengalami penurunan.

 

Namun dianjurkan agar jangan mencampur teh hijau dengan susu, karena dapat menetralisir efek teh hijau. Hindari juga minum teh hijau setelah makan, karena dapat mengurangi penyerapan zat besi dalam usus.(ilj)

Berita Terbaru