oleh

Tatay, Pria dengan Punggung Bak Kura-kura

Kabar6-Tatay Hesus de Mata (76) memang memiliki kondisi tubuh tidak seperti lazimnya orang. Pria asal Camarines Norte, Filipina, ini memiliki semacam tempurung di punggungnya, sehingga tampak seperti kura-kura.

Kondisi ini dialami Tatay sejak 1978. Awalnya, melansir Dream, tempurung ini hanya berupa benjolan berukuran kecil di bawah leher, yang kemudian terus membesar hingga seukuran punggung. “Awalnya berupa benjolan kecil di bahu kiri. Dulu sangat kecil, hanya sekira seukuran buah jeruk mandarin,” kata Tatay.

Namun Tatay mengabaikan benjolan ini dan sama sekali tidak memeriksakannya ke dokter, lantaran berasal dari keluarga tidak berada. Dan 40 tahun kemudian, benjolan tersebut terus membesar dan kini memiliki lebar sekira 50 cm.

Saat kondisi tempurungnya sudah terlihat sangat mengenaskan inilah Tatay baru mendatangi dokter, dan didiagnosis terkena tumor. “Saya terpaksa berhenti bekerja karena tumor ini sudah sangat berat,” kata Tatay. ** Baca juga: 4 Suku di Dunia yang Punya Kemampuan Khusus

Kini keluarga Tatay sedang melakukan penggalangan dana dan berharap ada donatur yang bisa membantu biaya pengobatan dan operasi untuk mengangkat tumor tadi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru