oleh

Tarif Air Aetra Naik Mulai 1 Desember

Kabar6-Guna meningkatkan kualitas pelayanan, PT Aetra Air Tangerang (AAT) melakukan penyesuaian tarif air dan beban yang berlaku bagi pelanggannya.

Sedianya, penyesuaian tarif pertama sepanjang tiga tahun AAT beroperasi di Kabupaten tangerang, akan mulai dibebankan kepada pelanggan mulai tanggal 1 Desember 2014.

“Usulan penyesuaian tarif ini telah disetujui oleh Bupati Tangerang melalui Keputusan Bupati Nomor 690/Kep.495-Huk/2014 tanggal 18 November 2014,” jelas Presdir PT Aetra Air Tangerang Untung Suryadi pada Jumat (24/11/2014).

Tarif baru ini, sedianya akan menggantikan tarif lama yang telah diberlakukan oleh Pemkab Tangerang sejak Juli 2011 lalu.

“Jika mengacu pada  perjanjian kerjasama dengan pemkab tangerang, evaluasi penyesuaian tarif dilakukan setiap 2 tahun sekali. Saat ini, tarif  rata–rata  air  Aetra Tangerang masih Rp 4,7 per liter,” ujar Suryadi.

Dengan penyesuaian tarif ini, lanjut Suryadi, maka tarif rata-rata air Aetra menjadi Rp 5,3 per liternya, atau hanya berselisih Rp 0,6 per liternya atau Rp 600 per meter kubik.

“Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kami perlu melakukan penyesuaian tarif karena terjadinya peningkatan biaya operasional, administrasi, dan pemeliharaan kami yang disebabkan oleh kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), upah minimum Kabupaten Tangerang, tarif dasar listrik (TDL), meningkatnya inflasi dan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing,” kata Suryadi.

Secara target, Aetra Tangerang telah berhasil merealisasikan kewajiban yang diamanatkan. Bahkan melampaui target yang ditetapkan Pemkab, yaitu dari 72.000 pelanggan terlayani di masa akhir konsesi 2034, dimana saat ini Aetra sudah melayani hingga 40.000 pelanggan dan melalui air curah lebih kurang 7000 pelanggan.

Artinya dari rasio target area pelayanan di tahun ke 5 sebesar 5 persen, saat ini Aetra pada tahun ke 3 (2014) telah mampu mencapai rasio area pelayanan sebesar 25,6 persen dari wilayah konsesi yang setara dengan 7,8 persen penduduk kabupaten Tangerang.

Di akhir tahun 2014, Aetra juga telah melakukan pipanisasi sepanjang 685,15 KM dengan nilai investasi yang sudah ditanamkan lebih dari Rp 600 Miliar dari total rencana investasi awal sebesar Rp 588 Miliar sampai dengan akhir masa konsesi. **Baca juga: Dinas Cipta Karya Hitung Kerugian Akibat Puting Beliung.

Pada 2015 mendatang, Suryadi menargetkan Aetra mampu melayani 70 persen dari target 72.000 pelanggan. Di sisi lain,  Aetra juga akan tetap menjalankan tanggung jawab untuk melakukan pendampingan pelanggan, termasuk kepada masyarakat Kabupaten Tangerang yang belum terlayani melalui program tanggung jawab perusahaan atau corporate social responsibility (CSR).(rani)

Berita Terbaru