oleh

Tantangan & Solusi Bagi Anak Sulit Makan

Kabar6-Ketika para orangtua menghadapi kondisi anak sulit makan, maka secara otomatis dikhawatirkan anak menjadi malnutrisi. Selain itu, pertumbuhannya pun menjadi terhambat.

Sedangkan makanan adalah hal terpenting dalam masa pertumbuhan anak yang memiliki tiga fungsi, yaitu pemenuhan kebutuhan gizi dan energi, edukasi, dan entertainment.
Cara mengatasi anak susah makan ini harus dilihat secara detail apa faktor penyebabnya, apabila secara medis tidak ada masalah, biasanya anak yang sulit makan akan dirujuk kepada psikiater/psikolog.

Hal ini menjadi benang merah dalam seminar kesehatan untuk masyarakat awam tentang “Tantangan & Solusi Anak Sulit Makan” yang diselnggarakan RS Awal Bros Tangerang bekerjasama sama dengan PT ABBOTT (Pediasure), Minggu (25/12/2012 di Auditorium lantai 5 RS Awal Bros Tangerang.

Seminar ini menghadirkan 2 pembicara, yaitu Dr.Robert Soetandio, SpA. M.Si.Med (Dokter Spesialis Anak RS Awal Bros Tangerang) yang menjelaskan tentang bahaya yang dapat timbul bila anak sulit makan.

Menurut Dr. Robert, Anak yang sulit makan akan menghadapi berbagai masalah pertumbuhan dan perkembangan akibat kurangnya asupan gizi dan nutrisi yang diperoleh anak dalam masa pertumbuhan.

Pembicara kedua  yaitu Dani Tri Astuti,M.Psi, Psi (Psikolog RS Awal Bros Tangerang) yang membahas solusi mengatasi anak sulit makan dari sisi psikologis.

Dani, ada beberapa catatan penting untuk orang tua untuk mensiasati anak sulit makan, antara lain yaitu sajikan makanan dalam porsi kecil, variasi makanan yang beragam dan menarik, dan hindarkan gaya memaksa dan mengancam dalam membujuk anak.

Seminar ini  dihadiri oleh 110 peserta  dari  masyarakat Tangerang dan sekitarnya ini  berlangsung sangat meriah.

Menurut Auladhi Rachman, Manager Marketing RS Awal Bros Tangerang, acara ini diselenggarakan dengan tujuan untuk silaturahmi sekaligus memberikan pengetahuan kepada orang tua mengenai solusi anak sulit makan.

“Kita rutin mengadakan seminar kesehatan untuk masyarakat awam seperti ini dengan tema yang berbeda setiap bulannya agar masyarakat mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan sehingga dapat lebih preventif dan peduli terhadap hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan,” tuturnya ada kabar6.com.

Seminar ditutup dengan pembagian doorprize untuk para peserta yang beruntung dan peserta yang mengenakan pakaian warna ungu. Tidak hanya itu, para peserta juga mendapatkan cek lemak dan cek tensi gratis setelah acara seminar selesai.(ir)

Berita Terbaru