oleh

Tanpa Disadari Kebiasaan Bekerja Seperti Ini Bikin Stres

Kabar6-Lingkungan kerja menjadi salah satu penyebab yang bisa membuat Anda stres. Terlebih apabila pekerjaan yang Anda tangani harus mencapai target yang telah ditetapkan perusahaan tiap bulan.

Namun di luar hal tadi, melansir womantalk, sebenarnya masih ada beberapa hal yang tanpa disadari juga dapat membuat Anda stres. Apa sajakah itu?

1. Tidak yakin dengan performa kerja
Anda memang sudah berusaha menyelesaikan deadline tepat waktu. Namun, Anda merasa tidak yakin apakah selama ini sudah bekerja dengan baik. Perasaan seperti ini dapat mengganggu pikiran.

2. Meja kerja berantakan
Kesulitan mencari berkas tertentu karena semua kertas dibiarkan menumpuk di meja kerja dapat membuat Anda tertekan. Ada baiknya rapikan meja usai bekerja. Ini penting agar keesokan harinya Anda dapat dengan mudah menemukan benda-benda yang dibutuhkan. Meja yang rapi juga memberikan visualisasi ‘indah’, sehingga dapat menambah mood bekerja.

3. Terlalu sering lembur
Idealnya, jam kerja karyawan kantor adalah delapan jam sehari atau 40 jam per minggu. Namun jika Anda lebih sering pulang pukul 19.00, padahal masuk pukul 08.00, mungkin Anda perlu evaluasi diri. Apakah Anda lembur karena memang pekerjaan menumpuk, atau Anda yang tidak bisa mengatur waktu alias terlalu banyak selingan di sela pekerjaan.

4. Selalu komplain
Saat ada masalah, memang ada baiknya Anda menceritakan kepada orang lain. Namun jika hampir tiap hari Anda selalu mengeluhkan hal yang sama, ada baiknya Anda mengambil keputusan. Apakah mau tetap di kantor yang sama dan mencari kantor lain yang tidak menimbulkan masalah, atau berusaha ‘berdamai’ agar tidak selalu mengeluh. ** Baca juga: Hindari Makan Siang Setelah Pukul Tiga Sore Permudah Berat Badan Turun

Bekerja dengan baik memang merupakan tuntutan bagi seorang karyawan. Meskipun begitu, keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi tetap diperlukan. Jika keduanya bisa seimbang, maka Anda akan memiliki kehidupan yang minim stres.(ilj/bbs)

Berita Terbaru