oleh

Tanpa Disadari, Banyak Orang Lakukan Kesalahan Saat Jaga Kebersihan

Kabar6-Meskipun selama pandemi COVID-19 kesadaran akan kebersihan dalam masyarakat semaking meningkat, ternyata masih ada sebagian orang yang melakukan kesalahan saat menjaga kebersihan, bahkan cenderung berisiko.

Studi terbaru yang dipublikasikan dalam laporan kesehatan mingguan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), menemukan banyak orang yang melakukan kesalahan ketika berupaya menjaga kebersihan.

Studi ini dilakukan dengan survei online terhadap 502 orang dewasa di AS pada Mei lalu. Kesalahan yang kerap terjadi, melansir CNN Indonesia, adalah meletakkan pemutih atau disinfektan pada makanan, menghirup disinfektan, bahkan membersihkan badan dengan produk pembersih dan disinfektan rumah tangga. Padahal, tak satu pun dari tindakan ini direkomendasikan oleh CDC atau WHO.

Dalam studi tersebut, CDC mendapati bahwa orang-orang mengaku lebih sering membersihkan diri dan rumah mereka selama pandemi. Namun, hanya setengah saja yang mengaku benar-benar tahu cara mendisinfeksi rumah yang aman.

Diungkapkan CDC, hanya sebagian kecil orang yang memahami cara membersihkan dengan baik. Misalnya, hanya 23 persen yang tahu bahwa untuk melarutkan cairan pemutih harus menggunakan air bersuhu kamar atau sekira 20-25 derajat Celcius.

Meletakkan pembersih atau disinfektan sembarangan juga merupakan kesalahan yang kerap dilakukan. Selain itu, hanya 54 persen orang yang tahu bahwa pembersih harus disimpan di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak-anak. Pembersih dapat berbahaya bagi anak-anak karena mengandung berbagai bahan kimia dan dapat menyebabkan keracunan.

CDC merekomendasikan agar orang selalu membaca instruksi produk pembersih. Saat membersihkan rumah, selalu kenakan sarung tangan dan alat pelindung lain. Jangan pula mencampur pembersih karena bahan kimia dan bereaksi. ** Baca juga: Pandemi COVID-19 Belum Usai, Bagaimana Cara Aman ke Salon Saat New Normal?

Jadi jangan asal bersih, tapi juga memperhatikan keamanan kesehatan Anda dan keluarga.(ilj/bbs)

Berita Terbaru