oleh

Tangsel Punya Alat Transfusi Antibodi Plasma Pasien Sembuh Covid-19

Kabar6-Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Suhara Manulang mengatakan, teorinya orang yang sudah sembuh ada antibodi di plasma. Metode ilmiah kesehatan ini akan dikembangkan dalam menanggulangi pengobatan pasien positif corona virus disiase 2019 (Covid-19).

“Katanya kalau ditransfusikan punya antibodi. Cuma kan ini perlu ada satu kesepakatan antara akademisnya. Kalau Tangsel ini sudah bisa mengadakan. Alatnya sudah ada,” katanya di Rumah Sakit Aria Sentra Medika, Kedaung, Kecamatan Pamulang, Kamis kemarin.

Sekarang ini, menurutnya, tinggal memberesi saja. Misalkan pasien positif Covid-19 golongan B, kemudian tim medis mesti cari pasien sembuh dari golongan darah yang sama.

Tinggal aperesis saja butuh beberapa cc dari alat yang khusus. “Kan kita juga belum bisa menerima kan kalau belum ada kesepakatan kan. Artinya legalitas dari organisasi profesi, para ahli bahwa itu pengobatan yang sudah bisa dilakukan,” jelas Suhara.

**Baca juga: Begini Cerita Teman Remaja Tawuran di Ciputat Tewas.

Kesepakatan tersebut sedang digalang oleh elite di tingkat pusat. Sementara daerah hanya sebatas sebagai penyedia. Kota Tangsel sudah siap. Aperesis biasanya dipergunakan untuk mengukur trombosit tubuh pasien.

“Ini khusus untuk plasmanya saja. Tinggal kita punya data yang sembuh-sembuh itu,” ujarnya.(yud)

Berita Terbaru