oleh

Tangsel Mulai Budidayakan Ikan Air Tawar

Kabar6-Distankan (Dinas Pertanian dan Perikanan) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus mengkaji kualitas air tawar di daerahnya.

Langkah ini guna mengembangkan budidaya ikan air tawar yang layak untuk kehidupan beberapa spesies ikan tawar di kota Cerdas, Modern dan Religius tersebut.

“Program akhir tahun ini fokus ke budidaya ikan air tawar. Contoh air di 7 kecamatan sudah kami ambil untuk diuji kualitasnya. Air kualitas terbaik di suatu kecamatan akan kami kembangkan budidaya disana,” ujar Kabid Perikanan pada Distankan Kota Tangsel,  Muhammad Ferizal, Minggu (7/10/2012).

Beberapa waktu belakangan, pihaknya telah membentuk tim kajian kualitas air tersebut. Bahkan, untuk memastikan contoh kualitas air yang ada di Tangsel, pihaknya melakukan survei ke beberapa daerah yang sukses dengan pengembangan budidaya ikan air tawaranya.

“Belum lama ini kami ke Sukabumi dan Bogor,  kami ingin tahu kualitas air seperti apa yang membuat budidaya mereka sukses. Dan kami lihat, dari contoh air yang ada di Tangsel, ada kesamaan material dengan dua daerah Sukabumi,” jelasnya.

Soal jenis ikan air tawar yang akan dikebangkan sendiri, pihaknya juga telah melakukan kajian. Untuk beberapa daerah di Tangsel sudah didapati jenis ikan yang cocok dibudidayakan sesuai dengan kualitas airnya. Seperti, ikan lele, gurama, patin dan ikan mas.

“Untuk ikan gurame dan mas, cocok dikembangkan di kawasan setu yang dekat dengan Cisadane, untuk lele di wilayah Pondok Aren yang kualitas airnya masih didominasi kawasan bekas rawa. Namun, untuk memastikan budidayanya, masih dibutuhkan pematangan hasil kajian dan pendanaan yang cukup,” imbuhnya.(iqmar)

Berita Terbaru