oleh

Tangsel Ingin Adopsi Festival Kemang dan Jaksa

Kabar6-Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terobsesi wilayahnya memiliki acara berskala nasional hingga internasional. Tentunya, konten acara tersebut mampu memperkenalkan seni dan budaya serta industri kreatif yang telah menjadi ciri khas.

“Kita ingin buat acara yang menampilkan seni dan budaya. Ingin buat acara skala nasional dan internasional karena kita sudah punya seni ciri khas. Banyak potensi budaya dan hasil usaha kreatif skala nasional yang bisa dikembangkan,” terang Airin, ketika membuka Sigi Fest di Situ Gintung, Ciputat Timur, akhir pekan kemarin.

Airin mengatakan, bila wilayah ibu kota  telah mempunyai acara Festival Jaksa dan Festival Kemang. Maka, hal serupa juga akan berlaku di Tangsel, yakni Situ Gintung Festival (Sigi Fest) yang akan digelar rutin setiap tahunnya.

Kolaborasi yang melibatkan Pemerintah Daerah dan para pelaku seni di Tangsel ini, lanjut Airin, harus terus dilanjutkan dari tahun ke tahun. Sosialisasikan kepada masyarakat di seluruh kecamatan bahwa Kota Tangsel telah memiliki Sigi Fest.

Apalagi selain dapat memperlihatkan potensi seni dan budaya, Sigi Fest sangat baik untuk pengembangan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Mari rekan-rekan media ajak dan sosialisasikan inilah budaya Tangsel. Sigi Fest harus mampu menunjukan ciri khas dari budaya yang menjadi tugas kolaborasi antara Kantor Kebudayaan dan Pariwisata dengan para pelaku seni di Kota Tangerang Selatan,” pesan Airin.

Penggagas Sigi Fest, Imam Mahendra, menjelaskan, dalam setiap pagelaran Sigi Fest nantinya akan menyuguhkan beragam seni dan budaya tradisional  dan usahawan kreatif untuk memperkenalkan karyanya khas Kota Tangsel.

Diharapkan setiap momentum tersebut mampu memperkenalkan Kota Tangsel ke pihak luar dan menyedot wisatawan domestik serta mancanegara.

“Sigi Fest 2012 targetnya adalah untuk memulai, sehingga di kesempatan berikutnya Kota Tangsel akan mempunyai event tahunan yang berkualitas dan menjadi event yang kehadirannya selalu dinantikan masyarakat luas,” papar Imam.

Program kegiatan acara yang bertajuk Sigi Fest ini menyuguhkan kokohnya bendungan raksasa Situ Gintung. Bendungan yang empat tahun silam jebol ini menjadi latar ekspresi eksotis dari sejumlah seniman untuk menghibur masyarakat.(yud)

Berita Terbaru