oleh

Tanggulangi Sampah, DKPP Tangsel Gandeng Swasta

Kabar6-Pemkot Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) melalui Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) bakal melibatkan pihak swasta dalam menanggulangi sampah. Nantinya, swasta menjadi pemodal pengadaan alat teknologi pengolahan sampah.

 

Kepala DKPP Kota Tangsel M Taher Rochmadi mengatakan teknologi pengolahan sampah yang bakal diterapkan, yakni insinerasi. Nantinya, alat yang ditaksir senilai Rp 3 miliar per unit itu bakal ditempatkan di sejumlah lokasi. Misalkan di pasar tradisional.

 

“Swasta kita libatkan. Nantinya, pengolahan sampah akan langsung dilakukan di titik-titik yang sudah disediakan alat insenirasi itu,” katanya saat coffee morning di kantor DKPP Kota Tangsel, Pamulang.

 

Alasan pengolahan sampah diswastakan, Taher mengaku lantaran harga mesin Insineratornya cukup mahal. Terlebih, kapasitas mesin insinerator seharga Rp 3 miliar itu hanya cukup menampung 70 meter kubik sampah.

 

“Kita tidak bisa menggunakan mesin insinerator seperti di Singapura yang kapasitasnya besar. Karena produksi sampah di Tangsel masih tanggung, jadi hanya butuh mesin yang kecil saja,” tandasnya. **Baca juga: Dua Kelompok Pemuda Bentrok di Situ Gintung

 

Sejauh ini, Taher mengaku sudah melakukan pembicaraan dengan sejumlah pihak swasta terkait rencana tersebut. “Responnya cukup bagus, tinggal pembicaraan lanjutan,” tandasnya.(yud)

Berita Terbaru