oleh

Tanda Tubuh yang Tunjukkan Anda Sedang Kekurangan Vitamin Tertentu

Kabar6-Tubuh ternyata memiliki caranya sendiri untuk memberitahu Anda bahwa ia kekurangan suatu zat gizi tertentu, termasuk vitamin. Namun cara tubuh memberitahu itu mungkin akan sedikit aneh.

Ada beberapa tanda tak biasa, melansir dokter.id, yang mungkin menjadi petunjuk bahwa Anda sedang kekurangan suatu vitamin tertentu. Apa sajakah tanda tubuh yang dimaksud?

1. Sudut mulut pecah-pecah
Bila Anda mengalami gejala yang satu ini, menunjukkan bahwa Anda menderita kekurangan zat besi, seng, dan vitamin B (vitamin B3/niasin, vitamin B2, riboflavin, dan vitamin B12). Kondisi ini biasanya sering ditemui pada para vegetarian.

Solusinya, Anda disarankan mengonsumsi daging unggas, salmon, tuna, telur, tiram, kerang, tomat kering, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan. Penyerapan zat besi akan semakin baik bila Anda mengonsumsinya bersama dengan vitamin C. Jadi, kombinasikanlah brokoli dengan paprika merah dan kale dengan kembang kol.

2. Bercak merah bersisik pada wajah dan rambut rontok
Menunjukkan bahwa Anda menderita kekurangan biotin (vitamin B7) yang juga dikenal sebagai vitamin rambut. Karena vitamin B merupakan vitamin larut air, maka tubuh tidak dapat menyimpannya di dalam tubuh, sehingga Anda perlu mengonsumsinya setiap hari.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah, mengonsumsi telur mentah dapat membuat Anda rentan terhadap defisiensi yang satu ini karena protein avidin yang terdapat di dalam telur mentah akan menghambat penyerapan biotin di dalam tubuh.

Untuk mencegah dan mengatasinya, konsumsilah telur matang, salmon, alpukat, jamur, kembang kol, kedelai, kacang, raspberi, dan pisang.

3. Sariawan atau bisul pada pipi, tangan, paha, dan bokong
Kondisi ini menunjukkan Anda kekurangan asam lemak esensial, vitamin A, dan vitamin D. Solusinya, hindari berbagai lemak jenuh dan lemak trans, serta tingkatkan konsumsi lemak sehat. Konsumsilah salmon, sarden, kacang walnut, kacang almond, flaxseed, dan chia seed.

Untuk mengatasi kekurangan vitamin A, konsumsilah sayuran berdaun hijau dan berwarna terang seperti wortel, ubi, dan paprika. Untuk mengatasi kekurangan vitamin D, dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin D dengan dosis 2.000 IU setiap hari, yang juag mengandung vitamin A dan K, yang dapat membantu penyerapan vitamin D.

4. Mati rasa, kesemutan, rasa seperti ditusuk pada kaki dan tangan
Bila Anda mengalami gejala yang satu ini, maka hal ini menunjukkan bahwa Anda menderita kekurangan vitamin B9 (asam folat), B6, dan B12.

Gejala ini biasanya disebabkan oleh gangguan pada saraf perifer (saraf tepi). Juga disertai oleh gangguan cemas, depresi, anemia, fatigue (merasa sangat lelah), dan gangguan keseimbangan kadar hormon di dalam tubuh.

Untuk mengatasinya, konsumsilah bayam, asparagus, bit, kacang-kacangan, telur, gurita, kerang, tiram, dan daging unggas. ** Baca juga: Apa Perbedaan Karakter Nutrisi Daging Sapi dan Ayam?

5. Kram pada jari kaki, betis, lengkung kaki, dan kaki bagian belakang
Menunjukkan Anda menderita kekurangan magnesium, kalsium, dan kalium. Berolahraga juga dapat membuat Anda kekurangan berbagai mineral dan vitamin B melalui keringat.

Solusinya, konsumsi pisang, kacang almond, kacang hazelnuts, labu, buah ceri, apel, jeruk Bali, brokoli, bok choy, dan sayuran berdaun hijau (kale dan bayam).

Jangan abaikan sejumlah tanda yang memberitahukan kondisi Anda kurang vitamin tertentu.(ilj/bbs)

Berita Terbaru