oleh

Tanaka, Manusia Tertua di Dunia Asal Jepang Rayakan Ulang Tahun ke-117

Kabar6-Kane Tanaka, pemegang rekor sebagai manusia tertua di dunia, merayakan ulang tahun yang ke-117 beberapa waktu lalu. Wanita asal Jepang ini merayakan ulang tahun di sebuah rumah jompo di Fukuoka, wilayah selatan Jepang.

Pada 9 Maret 2019 lalu, melansir japantimes, Tanaka dinobatkan oleh rekor dunia Guinness World Records sebagai orang tertua yang hidup di dunia. Ketika itu, usianya 116 tahun. Usia Tanaka juga menjadi simbolik tingginya populasi lansia di Negeri Sakura, bertolak belakang dengan angka kelahiran yang turun signifikan.

Kementerian Kesejahteraan Jepang menyebut jumlah angka kelahiran di Jepang pada 2019 lebih rendah dari yang diperkirakan atau kurang dari 900 ribu kelahiran. Angka itu untuk pertama kali terendah sejak Tokyo mengumpulkan data kelahiran pada 1899. ** Baca juga: Arkeolog Temukan Sisa Reruntuhan Pabrik Saus Ikan Peninggalan Bangsa Romawi Berusia 2.000 Tahun

Diketahui, Tanaka lahir prematur pada 1903 dan menikah dengan pria Jepang bernama Hideo Tanaka pada 1922 atau saat berusia 19 tahun. Pasangan ini memiliki empat anak dan mengadopsi satu anak.(ilj/bbs)

Berita Terbaru