oleh

Taman Baca di Tangsel Diberi Hibah Rp3 Juta

Kabar6– Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany akan memberikan hibah setara Rp3 juta kepada tiap taman bacaan yang ada di wilayahnya.

Rencana itu akan direalisasikan pada tahun 2013 mendatang, dengan tujuan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat untuk mengembangkan taman bacaan.

“Untuk tahun 2013 mendatang telah disiapkan dana hibah untuk setiap taman bacaan yang telah mengajukan proposal bantuan. Dari hasil kajian besaran nominal hibah kepada taman bacaan yang berhak, ditetapkan sekira Rp3 juta untuk tiap taman bacaan,” kata Airin, seusai membuka Jambore Perpustakaan dan Taman Bacaan di Lapangan Kecamatan Pamulang, Rabu, (31/10).

Menurut Airin, untuk menggerakkan partisipasi aktif masyarakat dalam membiasakan diri gemar baca di hari-hari mendatang, jadi tantangan bersama seluruh elemen masyarakat.

Salah Satunya, dengan memperbanyak jumlah taman bacaan, dan juga membuat program gemar membaca ibu terhadap anaknya.

“Sebagai orang tua (ibu-ibu khususnya), idealnya selalu membacakan untuk anak-anak mereka. Minimal setengah jam setiap harinya. Kalau kita membacakan atau bercerita, Insya Allah kedekatan itu akan bisa terjalin hubungan emosional yang baik dan mendorong serta memotivasi anak untuk mau membaca,” imbaunya.

Dalam kesempatan itu, Airin mengimbau kepada para orangtua peserta didik diharapkan mampu menerapkan pola budaya membaca sejak dini. Banyak membaca selain menambah pengetahuan juga dapat membuka cakrawala dunia.

“Kedepannya juga,
kami akan melibatkan pihak swasta yang banyak sehingga mampu menyelenggarakan kegiatan lebih besar lagi untuk kegiatan membaca ini,” imbuhnya.

Kepala Kantor Perpustakaan Kota Tangsel Haerudin menambahkan, jika sebelumnya hanya ditargetkan pembentukan satu wadah masyarakat gemar membaca untuk tiap kecamatan.

Ternyata antusias masyarakat sangat luar biasa terhadap taman bacaan yang ada, dan jumlahnya terus bertambah.

“Dari sebelumnya hanya ada tujuh taman bacaaan, sekarang jumlahnya sudah mencapai 42. Kami juga siap memfasilitasi tiap taman bacaan yang akan dibentuk masyarakat. Bahkan, kedepan, kami berharap setiap kecamatan harus ada satu perpustakaan, dan bukan hanya sekedar taman bacaan,” imbuhnya.
(Iqmar)

Berita Terbaru