oleh

Tak Sengaja Pencet Tombol, Pria Tua Ini Terlempar dari Jet Tempur

Kabar6-Apa yang akan Anda lakukan apabila secara tiba-tiba terlempar dari kursi pesawat? Peristiwa mengerikan iniah yang dialami oleh seorang pria berumur 64 tahun yang tidak disebutkan namanya.

Berawal ketika pria asal Prancis yang berasal dari kalangan sipil ini mendapat kejutan dari temannya untuk naik pesawat jet tempur Dasault Rafale B.

Namun siapa sangka, melansir buzzfeednews, di tengah penerbangan pria tadi secara tidak sengaja menekan tombol yang membuatnya terlempar dari jet tempur. Padahal, pria yang merupakan eksekutif sebuah perusahaan pertahanan ini sama sekali tidak memiliki pengalaman untuk terbang dengan jet tempur.

Ia terlempar dari jet tempur yang melesat lebih dari 500 km/jam (320 mph). Insiden ini keruan saja memicu penyelidikan militer Prancis.

Penyelidik kecelakaan udara menemukan serangkaian kesalahan menjelang insiden itu, termasuk peringatan medis yang diabaikan bahwa penumpang tidak boleh merasakan kekuatan 3.7g yang dihasilkan oleh lepas landas, dan tali tempat duduk longgar yang memungkinkannya melayang. Ia juga kehilangan helm saat terlempar.

Menurut para penyelidik, pria tua tersebut mengaku tidak pernah menyatakan keinginannya untuk terbang dengan jet tempur dan tidak memiliki pengalaman penerbangan militer sebelumnya.

Bayangkan, jantungnya berpacu antara 120-145 detak per menit. Disebutkan, penerbangan itu adalah hadiah kejutan dari rekan kerja dan dia merasa tidak bisa menolak.

Laporan kecelakaan udara, yang diterbitkan dalam laporan tertanggal 6 April, mendapati pria itu mengeluarkan dirinya ketika jet Dassault Rafale B dua kursi duduk mencapai sekira 1.300 kaki (400 meter).

Insiden itu terjadi beberapa detik setelah terbang dari Pangkalan Udara Saint-Dizier di Prancis timur laut pada Maret 2019. ** Baca juga: Sepanjang Sejarah, Ini 5 Kalender Paling Aneh yang Pernah Ada

Parasutnya dikerahkan. Dia memiliki area pendaratan yang relatif lunak di lapangan terdekat sehingga bisa menghindari cedera serius. Meski demikian, dia tetap dibawa ke rumah sakit.

Pilot pesawat mencegah dirinya terlempar secara otomatis dan mampu mendaratkan pesawat di landasan pacu meskipun kanopi kokpit hilang.

Investigasi atas penerbangan demonstrasi itu terus berlanjut. Namun penyelidikan militer tidak merinci identitas pilot maupun penumpang sipil yang terlempar.

Mengerikan!(ilj/bbs)

Berita Terbaru