oleh

Tak Ingin Kecolongan, Inspektorat Banten Akan Review HPS Pengadaan barang/jasa 2020

Kabar6–Inspektorat Banten berencana melakukan review terhadap paket lelang untuk proyek 2020. Oleh karena itu, awal pekan depan, Inspektorat akan langsung mengumpulkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Inspektorrat Banten, E. Kusmayadi mengatakan, review tersebut dilakukan untuk mencegah timbulnya kerugian negara akibat ketidak cermatan dalam menyusun dokumen dan tingginya harga perkiraan satuan (HPS).

“Nanti kan Desember ini mau dilelang untuk proyek yang 2020, sebelum itu kita review dulu. Jangan sampai nanti setelah proses lelang hingga pengerjaan menimbulkan kerugian negara,” kata Kusmayadi saat dihubungi melalui telepon, Jumat (29/11/2019).

Oleh karena itu, pada awal pekan depan, pihaknya akan mengumpulkan seluruh OPD di lingkup Pemprov Banten untuk dilakukan review.

“Senin depan. Kita kumpulkan seluruh OPD di Pendopo Gubernur. Kita akan review satu-persatu khusunya HPS,” katanya.

**Baca juga: Lingkungan Benggala Masjid di Kota Serang Langganan Banjir.

Dijelaskan Kusmayadi, terdapat beberapa faktor yang menyebabkan adanya kerugian keuangan daerah.

Pertama perencanaan yang kurang matang dan tingginya HPS khususnya pada belanja langsung, belanja barang dan jasa (barjas), ketidaksesuaian spek dengan dokumen pengerjaan, kesalahan pejabat pembuat komitmen (PPK) dan pihak ketiga.(Den)

Berita Terbaru