oleh

Tak Dapat Uang Transport dari Parpol, 21.936 Saksi TPS Belum Dilatih Bawaslu

Kabar6-Sebanyak 21.936 saksi dari Parpol, Capres dan Cawapres, di TPS belum dilatih Bawaslu Kota Serang.

Padahal, pelatihan dari Bawaslu kepada saksi Parpol, Capres dan Cawapres, di TPS ini penting untuk menyamakan persepsi di lapangan.

Hal itu sebagaimana diatur oleh Undang-undang, untuk Bawaslu bisa memberikan pelatihan kepada para saksi TPS, sesuai dengan penempatannya masing-masing.

Komisioner Bawaslu Kota Serang, Liah Culiah mengatakan, memasuki hari terakhir pelatihan untuk saksi dari Parpol, Capres dan Cawapres, di TPS dari Bawaslu Kota Serang, masih banyak Parpol yang belum mengirimkan utusannya agar bisa dilatih oleh Bawaslu Kota Serang, sebelum menjadi saksi TPS di tempatnya masing-masing.

“PKB, Gerindra, PDI, Golkar, Garuda, PSI, PAN, Hanura, PKPI, Capres 01 dan Capres 02, terakhir Perindo, masih menunggu hingga pukul 18:00 WIB ini untuk bisa dilatih,” kata Liah, di Kantor Bawaslu Kota Serang, Rabu (10/4/2019).

Liah menyebutkan, angka itu muncul berdasarkan perhitungan jumlah TPS di Kota Serang yang berjumlah 1.828 TPS, dikalikan dengan jumlah saksi dari parpol dan Capres Cawapres 01 dan 02.

Ada 10 Parpol dan dua pasangan Capres Cawapres 01 dan 02 belum mengirimkan saksinya untuk dilatih oleh Bawaslu Kota Serang.

“Jumlah TPS di Kota Serang kan ada 1.828. Untuk setiap TPS nya itu, mendapatkan jatah saksi dari masing-masing parpol, dan pasangan Capres Cawapres. Dengan jumlah parpol yang tidak mengirimkan ada 10, juga dari pasangan Capres Cawapees 01 dan 02,” katanya.

Masih kata Liah, kemungkinan para saksi yang belum mendapatkan pelatihan dari Bawaslu Kota itu tidak mendapatkan uang transpot dari partainya masing, sehingga enggan untuk berangkat, serta kurangnya informasi kepada saksi agar bisa datang ke Kantor Bawaslu untuk dilatih.**Baca juga: Mayat Dalam Karung Di Panimbang Laki-laki.

“Tidak seperti di Tangsel, infonya kalau disana saksi difasilitasi oleh partainya masing-masing,” tandasnya.(Den)

Berita Terbaru