oleh

Tahun Ini, 25 Persen Warga Lebak Ditarget Aktivasi IKD

Kabar6-Identitas kependudukan digital (IKD) atau Digital ID terus didorong Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lebak supaya dimiliki oleh masyarakat.

Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Disdukcapil Lebak Ahmad Najiyullah mengatakan, Ditjen Dukcapil Kemendagri mentargetkan, 25 persen warga melakukan aktivasi IKD.

“Dari 1 juta warga yang sudah melakukan perekaman e-KTP, 25 persen nya ditarget punya IKD pada tahun ini,” kata Najiyullah kepada Kabar6.com, Jumat (6/1/2023).

Sosialisasi, kata Najiyullah, terus menerus dilakukan Disdukcapil termasuk saat melakukan pelayanan keliling dokumen kependudukan kepada masyarakat.

**Baca juga: http://kabar6.com/tes-urine-pengemudi-ngamuk-acungkan-airsoft-gun-di-malingping-lebak-positif-benzo/

“Kami coba terus genjot supaya semakin banyak masyarakat yang memiliki IKD, terutama di lingkungan dinas pemerintahan,” ujar dia.

Tetapi diakui bahwa penggunaan IKD, terutama di Kabupaten Lebak masih cukup sulit diterapkan. Hal ini karena masih banyak pihak atau instansi yang masih belum menerima penggunaan IKD.

“Kalau RSUD atau BPJS sudah ya, tapi pihak lain seperti perbankan masih belum. Ini sudah kami sampaikan kepada Kemendagri, dan akan dilakukan sosialisasi ke pihak-pihak tersebut,” tutur Najiyullah.(Nda)

 

Print Friendly, PDF & Email