oleh

Tahan Bersin Malah Bikin Pria Ini Tidak Bisa Bicara

Kabar6-Seorang pria yang berusia 34 tahun asal Leicester, Inggris, mengaami kesulitan berbicara sekaligus menelan makanan atau minuman, gara-gara menahan bersin. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Pria yang tidak disebutkan namanya itu, melansir Telegraph, mencubit hidung sekaligus menutup mulut saat akan bersin. Nahas, apa yang dilakukannya itu justru menyebabkan ‘ledakan’ udara bertekanan tinggi, hingga akhirnya membuat tulang tenggorokan bagian belakang patah. Keruan saja, pria tadi merasa kesakitan dan dilarikan ke Leicester University Hospital. Saat diperiksa, masih ada sisa suara letupan atau retakan yang berasal dari tulang leher hingga tulang rusuk.

Setelah mendapatkan pemindaian, ditemukan ada gelembung udara di dalam paru-paru dan masuk ke dalam jaringan dan otot-otot di dalam dada. Udara ini terjebak dan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.

Dalam dunia medis, apa yang dialami pria malang ini disebut sebagai sindrom Boerhaave, yaitu robeknya tenggorokan akibat tekanan yang sangat keras. Hanya saja, hasil pemeriksaan menyebutkan bahwa bagian yang paling banyak mengalami kerusakan adalah di faring atau di belakang lidah.

Karena tak lagi bisa menelan makanan dan minuman, pria ini harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit. Ia mendapatkan asupan nutrisi dari tabung khusus dan terus diberi antibiotik intravena demi mengatasi pembengkakan dan rasa sakitnya. ** Baca juga: Di Jepang, Seekor Tuna Mati Terjual Seharga Rp42 Miliar

Setelah tujuh hari mendekam di rumah sakit, pasien pun diperbolehkan pulang. Hanya saja, ia harus sangat berhati-hati saat berbicara atau makan selama masa pemulihan. Ia juga diminta untuk tidak lagi menahan bersin demi mencegah kondisi yang lebih buruk.(ilj/bbs)

Berita Terbaru