oleh

Tagana Lebak Siapkan 224 Anggota Hadapi Bencana

Kabar6-Saat ini seluruh wilayah Kabupaten Lebak tengah memasuki musim penghujan. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, puncak musim hujan terjadi pada bulan Januari-Februari 2021.

Dalam beberapa hari terakhir, wilayah Lebak diguyur hujan lebat disertai angin kencang dan petir atau kilat. Di musim penghujan, banjir dan longsor merupakan bencana yang berpotensi terjadi.

Untuk menghadapi potensi bencana, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Lebak menyebut sebanyak 224 anggotanya telah siap siaga. Termasuk anggota yang disiagakan di posko pusat Tagana di Rangkasbitung.

“Kemarin kami kumpulkan seluruh anggota. Dari diklat yang telah dilakukan, seluruh anggota siap walaupun tentunya kita harap bencana tidak terjadi,” kata Ketua Tagana Lebak, Iwan Hermawan kepada Kabar6.com, Sabtu (31/10/2020).

Sebanyak 224 anggota Tagana disiagakan untuk seluruh wilayah di Kabupaten Lebak, berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial (Dinsos) dalam aspek penanggulangan bencana mulai dari evakuasi, tempat pengungsian dan kebutuhan logistik.

“Personel siap, termasuk sarana dan prasarana dalam penanggulangan bencana seperti tenda darurat, perlengkapan dapur umum, perahu karet. Sudah, itu sudah kami siapkan, jadi ketika terjadi semua tinggal berangkat ke lokasi,” papar Iwan.

Dalam waktu dekat, ujar Iwan, Tagana juga akan turun ke masyarakat untuk memberikan edukasi terkait bagaimana kesiapsiagaan menghadapi bencana.

**Baca juga: FSPP Lebak Buktikan Pandemi Covid-19 Tak Halangi Santri Berprestasi.

“Kemarin wilayah selatan sudah kami siagakan personel di sana, lalu wilayah lain seperti Citorek dan Lebakgedong. Kami harap dari edukasi yang kami berikan, masyarakat nantinya memiliki pengetahuan dan bekal sejak dini dalam menghadapi bencana alam,” tuturnya.(Nda)

Berita Terbaru