oleh

Tagana Banten Gelar Pelatihan Bertajuk “Kecamatan Siaga Bencana”

Kabar6-Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Banten segera menggelar pelatihan terhadap warga agar siap dan tanggap pada saat terjadinya bencana.

Sedianya, pelatihan bertajuk “Kecamatan Siaga Bencana” ini yang akan digelar di Taman Wisata Wulandira, Kota Serang akan digelar pada pada 15-16 Desember 2012 mendatang.

Sesi pelatihan yang rencananya akan digelar selama dua hari ini juga akan dihadiri dan dipimpin langsung oleh Ketua Tagana Provinsi Banten, H. Andika Hazrumy.

“Pelatihan ini sengaja kami gelar bagi masarakat di Banten, sebagai modal dalam menghadapi kondisi tertentu, seperti bencana yang bisa datang sewaktu-waktu,” ujar H. Andika Hazrumy, JUmat (14/12/2012).

Sedianya, lanjut Andika, para peserta yang akan menjalani sesi latihan berasal dari delapan Kota dan Kabupaten se Propinsi Banten, yang sekaligus melibatkan pihak Tagana Kecamatan, Karang Taruna, Organisasi Kepemudaan, PKK, hingga Hansip.

“Setiap wilayah mengirimkan 30 orang wakilnya dari tingkat kecamatan untuk dilatih. Dan, total peserta dari 8 Kota/Kabupaten yang akan dilatih sebanyak 240 orang,” ujarnya.

Lewat pelatihan yang akan digelar rutin tersebut, Andika berharap masyarakat bisa lebih siap menghadapi bencana yang bisa datang sewaktu-waktu. Kesipan warga itu sekaligus akan bisa meminimalisir jumlah korban dalam bencana.

“Dalam pelatihan nanti, peserta akan kita bekali dengan berbagai pengetahuan, mulai dari mempelajari langkah penanggulangan bencana, memperkenalkan peta kawasan, direktori jumlah penduduk, hingga cara memetakan dan mengutamakan kelompok warga yang rentan bencana,” katanya.

Dalam kegiatan nanti, lanjut Andika, seluruh Taruna Siaga Bencana yang ada di Banten juga akan dikerahkan ke lokasi untuk membantu memberikan pelatihan kepada peserta.

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini jumlah anggota Taruna Siaga BEncana se Provinsi Banten sudah mencapai hingga 1.286 orang.(rani)

 

Berita Terbaru