oleh

Susah Tidur Malam, Mungkin Ini Penyebabnya

Kabar6-Tidak semua orang bisa langsung pulas begitu berada di atas kasur dan tidur nyenyak. Banyak juga yang mengalami gangguan tidur atau tidak bisa tidur nyenyak, sehingga keesokan harinya bangun dalam kondisi tidak segar.

Ada sejumlah alasan mengapa seseorang tidak bisa tidur, meskipun tubuh sudah merasa lelah atau mengantuk. Melansir Femina, ini beberapa alasan umum yang membuat Anda susah tidur di malam hari:

1. Terlalu banyak kafein
Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein terlalu banyak, dimulai dari bangun dalam keadaan kurang tidur yang membuat Anda minum kopi untuk membuat tetap terbangun.

Tetapi tanpa disadari, Anda justru jadi terlalu banyak minum kopi, sehingga menyebabkan tidak dapat tidur kembali saat malam.

Jadi, putuskan siklus ini dengan hanya mengonsumsi maksimal 400 mg kafein, atau setara dengan empat cangkir kecil kopi, dan tidak meminumnya di atas pukul 14.00.

2. Tidak bisa berhenti melihat media sosial
Menyaksikan tutorial make-up di Youtube atau melihat lini masa Instagram teman yang sedang liburan di tempat tidur memang terasa nyaman dan menghibur. Tapi tahukah Anda, melihat layar ponsel juga dapat menjadi penyebab kesulitan tidur lebih cepat?

Layar ponsel yang memancarkan cahaya biru dapat menghambat produksi melatonin, hormon yang mengatur tubuh untuk terbangun atau tertidur.

Hindari membuka media sosial sebelum tidur, alihkan dengan baca buku fisik (bukan di layar ponsel atau tablet) yang akan membuat Anda tidur lebih mudah. ** Baca juga: Studi Ungkap 8 ‘Cara Cepat’ yang Digunakan Pria untuk Menilai Wanita

Tidur berkualitas membuat tubuh bugar dan siap memulai beraktivitas kembali.(ilj/bbs)

Berita Terbaru