oleh

Survei : 2,3 Persen Warga Kota Tangerang Terpapar Covid-19

Kabar6-Sebanyak 2,3 persen dari 2 juta lebih warga Kota Tangerang terpapar Covid-19.
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengatakan angka paparan covid-19 itu berdasarkan hasil survei Dinas Kesehatan Kota Tangerang  dengan FKM UI. Survei dengan menggunakan metode sero survey secara acak kepada sebanyak 3.000 responden.

“Hasil yang didapat dari survey tersebut, sebanyak 2,3 persen warga Kota Tangerang terpapar covid,” ujar Arief dalam keterangan, Selasa (15/9/2020).

Hasil survei tersebut menjadi dasar bagi Pemkot Tangerang dalam mengambil kebijakan untuk lebih masif dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Lingkungan (PSBL) RW secara ketat.

“Makanya kita kembali perketat pelaksanaan PSBL RW agar angkanya bisa turun,” katanya.

Wali Kota menilai tingginya angka positif Covid-19 di Kota Tangerang karena adanya klaster keluarga. Kendati salah satu anggota keluarga membawa virus dari luar yang terbawa ke rumah dan menularkan kepada anggota keluarga lainnya.

“Ini kasusnya bukan per individu, tapi terdapat beberapa orang dalam satu keluarga yang positif Covid-19,” jelasnya.

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin menyatakan, Pemkot kembali menggulirkan Pembatasan Sosial Berskala Lingkungan (PSBL) RW sebagai langkah untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Kota Tangerang.

“Khususnya di wilayah Kelurahan Gebang Raya, karena saat ini menjadi lokasi dengan angka kasus tertinggi,” katanya.

**Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Penumpang Bandara Soekarno-Hatta Saat PSBB.

“Statusnya zona merah yang didominasi klaster keluarga, angkanya cukup banyak dan peningkatannya signifikan. Untuk itu peran dari para ketua RT dan RW sangat diperlukan,” tandasnya.

Sebagai informasi, kasus Covid-19 di Kota Tangerang, Selasa (15/9/2020) sudah tembus diangka 1000 kasus terkonfirmasi positif. Jumlah kasus terkonfirmasi sebanyak 1093 kasus positif, Dirawat sebanyak 192 kasus, Suspek Dirawat 791 kasus, Sembuh 846 kasus, meninggal 55 kasus. (Oke)

Berita Terbaru