oleh

Sumber Kebahagiaan Tak Selalu Berhubungan dengan Uang

Kabar6-Kebahagiaan seringkali dihubungkan dengan uang yang dimiliki seseorang. Benarkah anggapan tersebut? Sebuah riset mengatakan, kebahagiaan berkorelasi dengan pendapatan itu ada benarnya.

Uang disebut bisa memberi banyak keuntungan, membukakan lebih banyak kesempatan, kemampuan untuk jalan-jalan ke tempat yang indah, menikmati makanan enak, tempat tinggal, perawatan kesehatan, dan hiburan, serta status sosial yang lebih tinggi. Singkatnya, uang bisa memenuhi keinginan Anda.

Tetapi di sisi lain, melansir Femina, bukan berarti harus berlimpah materi dulu agar bisa bahagia, karena ada sejumlah hal yang bisa jadi sumber kebahagiaan selain uang. Apa sajakah itu?

1. Semangat menebar kebaikan
Orang murah hati biasanya lebih bahagia, karena tidak ada yang lebih memuaskan secara emosional daripada saat berbuat kebaikan. Nilai kemanusiaan seseorang akan meningkat saat mereka melakukan kebaikan.

Dan, kebaikan itu memiliki efek ‘menular’, karena kita cenderung terdorong untuk juga melakukan kebaikan ketika orang lain berbuat baik pada kita, atau menyaksikan kebaikan. Jika ini terjadi, kebahagiaan pun bisa ditularkan.

Bukan hanya pada individu, pada sebuah organisasi seperti perusahaan, kebaikan yang menjadi budaya perusahaan dan dilakukan oleh karyawannya, produktivitas ikut meningkat.

2. Mampu memaafkan
Kemampuan untuk memaafkan membuat Anda bisa jernih melihat kesalahan dan mengambil hikmahnya, untuk menjadi manusia yang lebih baik. Sifat pemaaf bisa membuat Anda ikhlas merelakan hal-hal yang tidak menyenangkan dan lebih cepat move on. Hidup pun terasa lebih ringan dijalani tanpa beban masa lalu.

3. Memiliki rasa ingin tahu
Orang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi biasanya memiliki semangat tinggi, lebih mudah bersosialisasi, dan lebih menikmati hidup. Begitu banyak hal di dunia ini yang menarik perhatiannya untuk dipelajari.

4. Mensyukuri apa yang dimiliki
Sebuah penelitian mengungkapkan, rasa bersyukur dapat meningkatkan kebahagiaan dan menekan kecemasan. Coba tulis hal-hal kecil hingga besar yang patut Anda syukuri setiap akan tidur atau ketika bangun tidur.

Secara ilmiah, ini akan membuat otak berpikir lebih positif, optimis, dan bahagia. Dan, berpikir positif juga akan meningkatkan produktivitas.

5. Lebih sabar
Kesabaran menjalani proses bahkan menunggu setiap kemajuan, akan membuat seseorang lebih puas dan bahagia saat meraih tujuan.

Penelitian juga menemukan, mereka yang panjang sabar cenderung lebih bisa tahan banting dalam situasi kritis, lebih tahan stres, lebih sedikit memiliki emosi negatif, dan lebih bersyukur atas apa yang mereka miliki. ** Baca juga: Ternyata, Ada 4 Asupan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersama Kopi

Uang memang bisa memberi kesenangan, tapi belum tentu bisa membeli kedamaian atau kebahagiaan. Setuju? (ilj/bbs)

Berita Terbaru