oleh

Sumber Kalsium Harian Ternyata Bisa Didapat dari 5 Sayuran Ini

Kabar6-Sayuran menjadi sumber serat pangan yang mudah ditemukan, dan hampir selalu ada dalam menu harian. Sayuran merupakan sumber zat besi, vitamin B kompleks dan mineral yang baik bagi tubuh.

Salah satu zat gizi yang penting bagi tubuh adalah kalsium, dapat digunakan tubuh untuk proses pertumbuhan tulang, gigi maupun fungsi fisiologis lainnya. Selain susu, melansir idntimes, ada lima jenis sayuran yang dapat dijadikan sebagai sumber kalsium. Apa sajakah itu?

1. Kacang tanah
Tak banyak yang tahu, ternyata kacang tanah merupakan salah satu sayuran yang mengandung kalsium tinggi. Dalam 100 gram kacang tanah terdapat 316 mg kalsium.

2. Sayur bayam
Bayam perlu dikonsumsi secara teratur karena mengandung kalsium yang tinggi. Dalam 100 gram bayam terdapat 267 mg kalsium. ** Baca juga: Mengapa Wanita Lebih Banyak Mengalami Insomnia Ketimbang Pria?

3. Sayur sawi
Sayuran ini memiliki kalsium yang juga tinggi yaitu 220 mg dalam 100 gram sayur. Hal inilah yang membuat sawi menjadi salah satu sayuran yang cukup populer.

4. Selada air
Selada air merupakan salah satu sayuran yang sangat kaya akan sulfur, nitrogen, dan yodium. Tak hanya itu, selada air juga dapat dijadikan sebagai sumber kalsium bagi tubuh. Dalam 100 gram selada air terdapat sekira 182 mg kalsium.

5. Daun singkong
Dalam 100 gram daun singkong terdapat 165 mg kalsium. Kandungan kalsium tersebut memiliki berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan.

Murah dan menyehatkan, bukan?(ilj/bbs)

Berita Terbaru