oleh

Sulit Sandar di Pelabuhan Merak karena Cuaca Buruk, KMP Jatra 3 Terombang-ambing di Dermaga 6 Eksekutif

Kabar6 – KMP Jatra 3 terombang ambing di Dermaga 6 Eksekutif Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, pada Sabtu, 27 November 2021, sekitar pukul 28.00 wib. Lantaran, cuaca buruk menerjang Selat Sunda di sekitar Pelabuhan Merak sejak Minggu dini hari, 28 November 2021, sekitar pukul 02.30 wib.

KMP Jatra 3 berhasil sandar dan menurunkan sebagian angkutannya di Dermaga 6 Eksekutif. Karena ombak masih besar dan kuatnya arus, kapal besar itu harus berpindah ke Dermaga 2 untuk menurunkan sebagian lagi muatannya.

Meski telah menurunkan seluruh kendaraan dan penumpang, kapal terbawa arus saat keluar dari Dermaga 2.

“Jatra 3 dia bongkar beberapa kendaraan di Dermaga 6, kemudian dia tidak bisa bertahan, dia bergeser, bongkar lanjutan di Dermaga 1. Selesai bongkar dia sempat keluar lintasan, karena cuaca tidak bersahabat,” kata GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy, Minggu (28/11/2021).

**Baca juga: Ganjil Genap Ke Objek Wisata Saat Libur Nataru

Perubahan dermaga tempat sandar kapal menjadi hal biasa saat cuaca buruk. Perpindahan dermaga harus melalui izin dari menara kontrol pelabuhan.

“Kapal tidak bisa sandar, dia minta sandar ke dermaga lain,” terangnya.

Meski cuaca buruk, ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak belum menutup pelabuhan yang menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera itu. Manajemen mengaku semua penyebrangan dan pelayaran masih bisa di layani dengan kondisi cuaca ekstrim.

“Gelombang kencang. Enggak tutup, tetap terlayani, dermaga lain juga tetap jalan,” jelasnya.(Dhi)

Berita Terbaru