oleh

Sulit BAB Selain di Rumah Sendiri, Ini Penyebabnya

Kabar6-Apakah Anda termasuk orang yang selalu mengalami kesulitan untuk buang air besar (BAB) di kamar mandi umum, saat menginap di rumah orang, atau ketika sedang berlibur di luar kota? Sebaliknya, Anda selalu rutin BAB apabila berada di rumah sendiri.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Apakah kondisi ini termasuk normal? Melansir readersdigest, sebanyak 40 persen orang mengalami kesulitan BAB saat mereka bepergian. Faktanya, menurut profesor psikologi di University of Melbourne dan penulis Psychology in the Bathroom bernama Nick Haslam, mayoritas orang merasa lebih nyaman BAB di rumah sendiri.

Sementara Dr. Daniel Motola, ahli gastroenterologi dan ahli hepatologi di NYU Langone Medical Center, mengatakan bahwa manusia adalah ‘makhluk rutin’, sehingga ketika ada hal yang berubah, sistem pencernaan ikut terpengaruh.

Pergerakan usus manusia dikendalikan oleh sejumlah faktor baik internal maupun eksternal. Tubuh memiliki dua sfingter, yaitu otot berbentuk seperti cincin yang berfungsi menutup jalur atau bukaan pada tubuh, termasuk pada usus yang mengontrol proses BAB. Sfingter luar yang bisa kita kendalikan, sementara stingfer luar tidak.

Sel-sel sensorik kemudian akan mengirim sinyal pada otak jika Anda perlu BAB. Otak kemudian akan memeriksa lingkungan Anda saat itu dan memutuskan apakah sekarang adalah waktu yang tepat untuk melepaskan kotoran.

Jika Anda merasa tak nyaman, maka sfingter luar dan otak bekerjasama dengan sel-sel saraf untuk menahan hasrat BAB tersebut, hingga akhirnya Anda pulang dan merasakan kenyamanan kamar mandi di rumah sendiri.

Pengaruhnya pada setiap orang dapat berbeda, ada yang tidak bisa BAB meskipun keinginan itu ada atau mungkin Anda sama sekali tidak merasakan hasrat untuk BAB.

Namun, secara sengaja menahan kotoran tidak baik bagi kesehatan. Anda dapat mengalami perut kembung, rasa tidak nyaman, dan sembelit. ** Baca juga: Agar Nutrisi Dapat Diserap Maksimal, Ketahui Cara Mengolah Singkong yang Tepat

Lalu, apa cara terbaik untuk menghindari sembelit saat bepergian? Para ahli mengatakan bahwa hidrasi sangat penting. Jangan lupa juga untuk memerhatikan pola makan dengan asupan serat yang cukup, serta penggunaan probiotik, yang dapat membantu mengatasi gejala sembelit.(ilj/bbs)

Berita Terbaru