Sukses Turunkan Berat Badan, Tapi Mengapa Jadi Mudah Lapar?

Ilustrasi/bbs

Kabar6-Pernahkah Anda mengalami mudah lapar, padahal sudah berhasil menurunkan berat badan? Mengapa hal ini bisa terjadi? Menurut penelitian terbaru, ada hormon yang mempengaruhi rasa lapar setelah berat badan turun. Para ahli dari Norwegian University of Science and Technology menemukan, ketika kita menurunkan berat badan, perut menghasilkan lebih banyak ghrelin. Hormon ini mengirim sinyal ke otak untuk meningkatkan napsu makan pada saat tubuh lapar dan membutuhkan makanan.

Jadi tidak aneh jika otak akan berpikir bahwa tubuh membutuhkan lebih banyak kalori. Hal yang lebih buruk, dikutip dari Vemale, kadar hormon ini tetap berada pada tingkat yang lebih tinggi. Itu berarti Anda akan cenderung merasa lapar setiap hari.

Setiap orang, dikatakan peneliti Catia Martins, memiliki hormon ghrelin. Nah jika Anda berhasil menurunkan berat badan, maka kadar hormon ghrelin justru makin meningkat.

“Seseorang yang sangat gemuk membutuhkan lebih banyak energi untuk bernapas, tidur, mencerna makanan atau berjalan. Bila tubuh kehilangan berat badan, maka sedikit energi yang dibutuhkan melakukan aktivitas itu. Ini karena tubuh lebih ringan,” urai Catia.

Penelitian ini diikuti 34 orang, yang dianggap masuk kategori obesitas ringan (rata-rata berat badan lebih dari 120 kg) dan mendaftarkan mereka dalam rencana penurunan berat badan selama dua tahun.

Peserta diberi rencana diet, olahraga, dan nutrisi seimbang. Hasilnya, selama dua tahun rata-rata mereka turun berat badan 11 kg. Namun mereka melaporkan, selalu merasa lapar daripada sebelum berat badan turun. “Seorang partisipan, yang sekarang berat badannya 76 kg bisa makan lebih banyak setelah berat badannya turun,” kata Catia. ** Baca juga: Ini Tempat Paling Kotor di Rumah

Orang yang berat badannya turun, membutuhkan sedikit energi untuk mempertahankan tubuh barunya, dan ini ditandai dengan adanya sinyal selalu lapar.(ilj/bbs)