oleh

Sudah Tepatkah Cara Anda Membawa Tas?

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setiap orang memiliki pilihan tersendiri saat bepergian menggunakan tas. Ada yang memilih memakai tas mungil, begitu pula sebaliknya. Sayangnya, banyak yang belum menyadari bahwa menggunakan tas dengan bobot yang berat dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang.

Cara Anda memakai tas, dilansir laman Prevention, ternyata bisa berpengaruh terhadap rasa sakit yang mungkin terjadi di tubuh. Bagaimana sebaiknya cara yang disarankan untuk membawa tas?

1. Bergantian
Menampatkan tas hanya pada satu sisi bahu sepanjang waktu bisa membuat otot terlalu banyak bekerja, sehingga mengakibatkan postur tubuh tidak benar secara permanen. Scott Bautch, DC, seorang ahli tulang di Wausau, menyarankan agar Anda beralih sisi setiap beberapa menit.

2. Hindari bagian siku
Pegang atau letakkan tas di bahu dan sebisa mungkin jangan digantungkan di bagian lekukan lengan. Dengan cara ini, Anda bisa menghindari cedera siku seperti tendinitis. Selain itu, lebih baik untuk membawa dua tas dibandingkan membawa semua beban dalam satu tas.

3. Seperti pilates
Menurut Vonda Wright MD, seorang ahli bedah ortopedi di Pittsburgh, saat memakai tas, pusatkan beban berat badan pada kaki dan pundak ke bawah seperti ketika Anda pilates. ** Baca juga: Intip Tipe Pria dari Golongan Darah

4. Pakai tas secara diagonal
Selempangkan tas di tubuh, lalu sesuaikan tali agar tidak terlalu panjang sehingga meminimalkan ayunan. “Hal ini memungkinkan otot-otot batang untuk membawa beban lebih, sehingga punggung bawah tidak terlalu lelah,” kata Matthew Cunningham, MD, seorang spesialis perawatan tulang belakang di New York City.

Memakai tas pun ada aturannya agar tidak mengorbankan kesehatan Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru