Home / Aneka Berita / Sehat / Studi: Terlalu Banyak Kerjakan Tugas Rumah Tangga Bisa Pangkas Peluang Ibu untuk Tetap Sehat
Ilustrasi/bbs

Studi: Terlalu Banyak Kerjakan Tugas Rumah Tangga Bisa Pangkas Peluang Ibu untuk Tetap Sehat

Kabar6-Sebuah studi mengungkapkan, terlalu banyak tugas rumah tangga bisa ‘memangkas’ peluang ibu untuk tetap sehat sebanyak 25 persen. Efek tersebut bisa berdampak pada ibu yang selalu terjebak di dapur, menyiapkan makanan dan membersihkan rumah selama berjam-jam.

Sebaliknya bagi para bapak bisa tetap melakukan lebih banyak pekerjaan rumah dan tetap sehat, kemungkinan karena mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk berkebun dan membuat barang-barang Do It Yourself (DIY).

Para peneliti, dilansir viva.co.id, melihat pada lebih dari 36 ribu pensiunan dari tujuh negara yang meliputi Inggris, untuk melaporkan aktivitas harian dan kesehatan umum mereka.

Para wanita yang tidur kurang dari tujuh jam, atau terlalu banyak tidur, berisiko 25 persen berkurang kesehatannya saat melakukan lebih dari tiga jam pekerjaan rumah. Namun jenis pekerjaan rumah tidak berdampak pada pria yang memenuhi kriteria sama.

Meski tidurnya berkurang, yang bisa memengaruhi kesehatan seseorang, pria tetap bisa lebih sehat saat melakukan pekerjaan di rumah. Hasil studi ini mengatakan bahwa wanita harus beristirahat lebih banyak, atau setidaknya menghabiskan lebih banyak waktu di kebun dan lebih sedikit di dapur.

“Perbedaan dalam kesehatan gender kemungkinan karena tipe pekerjaan yang cenderung dilakukan wanita, yang lebih banyak pekerjaan repetitif dan rutin, seperti bersih-bersih dan memasak,” ujar rekan penelitian Dr Tilman Brand dari Leibniz Institute for Prevention and Epidemiology di Jerman.

Ditambahkan Brand, meski pekerjaan ini memiliki manfaat sehat yang terbatas, tapi tidak aktif secara fisik dan bukan termasuk olahraga, juga tidak menstimulasi secara mental yang berkaitan dengan kesehatan fisik.

Sementara pria melakukan lebih banyak pekerjaan rumah yang aktif, seperti berkebun dan perbaikan. Pengerahan tenaga secara fisik baik untuk kesehatan, dengan berkebun yang melibatkan menggali, memotong rumput, dan menggotong tanah. Brand mengatakan bahwa berkebun dan memperbaiki barang bisa lebih menyenangkan dibandingkan membersihkan rumah.

Wanita dan pria yang lebih tua memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan tugas rumah tangga dibandingkan mereka yang masih bekerja. Tapi, para peneliti menemukan bahwa pekerjaan rumah lebih menumpuk pada wanita.

Di tujuh negara meliputi Amerika Serikat, Prancis, dan Italia, para wanita menghabiskan hampir 3 jam 40 menit sehari secara rata-rata untuk memasak, membersihkan rumah, dan berbelanja. Ini hampir tiga kali lipat dari 88,7 menit yang dikalkulasikan pada pria yang menghabiskan lebih dari satu jam sehari untuk berkebun dan memperbaiki barang-barang. ** Baca juga: Terdengar Aneh, Beberapa Hal Ini Ternyata Bisa Bantu Tidur Nyenyak

Kesehatan dikalkulasikan berdasarkan pada jawaban partisipan pada kuesioner, di mana mereka menilai kesehatan mereka pada skala lima poin dari ‘buruk’ hingga ‘sangat baik’.(ilj/bbs)

Check Also

Stres Bisa Rusak Kulit, Ini Penjelasannya

Kabar6-Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan, yang muncul dari kegagalan individu ...