oleh

Studi: Portugal Jadi Negara dengan Penuaan Tercepat di Uni Eropa

Kabar6-Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Database Pordata Portugal Kontemporer, Portugal menjadi negara dengan penuaan tercepat di Uni Eropa (UE).

Disebutkan, Portugal saat ini memiliki 182 lansia, berusia 65 ke atas, untuk perbandingan pada setiap 100 orang kaum muda, usia 14 tahun ke atas. Berdasarkan data dari Institut Statistik Nasional Portugis (INE), melansir thestar, dalam tiga dekade terakhir, populasi lansia meningkat tiga kali lipat di negara itu. Pada 1990, Portugal mendaftarkan 66 lansia untuk perbandingan 100 orang kaum muda.

Studi mencatat, negara ini mencatat tingkat penuaan tahunan 3,6 persen, lebih tinggi dari semua negara Uni Eropa. Menurut Jorge Malheiros, peneliti di Pusat Studi Geografis Institut Geografi dan Perencanaan Tata Ruang di Universitas Lisbon, percepatan pertumbuhan tingkat penuaan di Portugal adalah akibat dari kepergian kaum muda dari negara tersebut, serta jumlah orang asing yang sudah pensiun.

“Ini seharusnya tidak dipahami sebagai sesuatu yang dramatis,” kata pakar migrasi dan demografi. ** Baca juga: Mulai Oktober, Nigeria Larang Iklan yang Gunakan Model Kulit Putih dengan Aksen Inggris

Namun dia juga memperingatkan bahwa ‘masyarakat membutuhkan energi kaum muda’. “Satu sisi kita juga harus belajar hidup dengan masyarakat yang lebih tua.” (ilj/bbs)