oleh

Studi di AS Ungkap, Orang Kaya Tidur Lebih Lama di Malam Hari Ketimbang Orang Miskin

Kabar6-Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat melakukan studi mengenai perbedaan pola tidur antara orang kaya dan orang miskin. Disebutkan, orang kaya rata-rata tidur lebih lama di malam hari ketimbang orang miskin.

Para peneliti di agensi tersebut, melansir himedik, mengirimkan survei kepada orang-orang di Amerika Serikat selama 2011 hingga 2014. Mereka menanyakan tentang kebiasaan tidur pada peserta. Hasilnya, dari sebanyak 140 ribu orang dewasa yang mengisi dan mengembalikan survei, 55 persen orang yang hidup pas-pasan atau di dekat garis kemiskinan memiliki waktu tidur 7-8 jam di malam hari.

Sementara sebanyak 66,6 persen orang yang hidup di atas garis kemiskinan memiliki waktu tidur malam yang lebih panjang atau penuh. Namun, garis kemiskinan di Amerika Serikat bervariasi menurut pendapatan dibandingkan ukuran keluarga.

Sayangnya, para peneliti tidak menggali lebih dalam untuk menemukan penyebab orang kaya lebih banyak tidur malam dibanding orang miskin. Tetapi, kondisi ini mungkin terkait dengan jumlah jam orang harus bekerja dan jumlah pekerjaannya. Peneliti juga mencatat, orang kaya memiliki lebih banyak bala bantuan dalam hal mengasuh anak dan rumah.

Orang kaya cenderung tinggal di akomodasi yang lebih mudah tidur, seperti lingkungan tenang dan tempat tidur yang nyaman. Para peneliti juga tidak melihat dampak dari perbedaan tidur antara orang kaya dan orang miskin. Tak ada pula perbedaan dampak dari kurang tidur kronis pada orang yang hidup pas-pasan.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, kekurangan tidur kronis bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, depresi, obesitas, dan diabetes. ** Baca juga: Berat Badan Turun dengan 5 Kebiasaan Sehat di Pagi Hari

Ketika semua kondisi itu dikombinasikan dengan stres secara keseluruhan, maka seseorang berisiko menderita penyakit jantung, kanker, penurunan kualitas hidup hingga kematian.

Benarkah demikian?(ilj/bbs)

Berita Terbaru