oleh

Stok Langka, Harga Bawang Putih di Tangsel Masih Mahal

Kabar6-Harga komoditi bawang putih di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih sangat mahal. Bahkan sempat mencapai Rp80 ribu per kilogram atau naik sekitar 120 persen dari harga normal.

“Karena memang stok barangnya kosong,” kata Kepala Seksi Tertib Niaga Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Victorya Novalinda kepada kabar6.com, Kamis (20/2/2020).

Ia mengungkapkan, rata-rata harga bawang putih di enam pasar tradisional Kota Tangsel mulai dari Rp41 ribu sampai Rp60 ribu. Harga normal biasanya dikisaran Rp28 ribu per kilogram.

Nova bilang, mulai pertengahan Februari ini harga sudah agak tinggi. Menurut keterangan para pedagang kelangkaan bawang putih lantaran importir telah disetop.

Akibatnya pasokan bawang putih ke pasaran menjadi berkurang. “Kemarin di Pasar Ciputat enggak ada yang lokal,” jelas Nova.

Mayoritas komoditi bawang putih dikuasai barang impor menyebabkan harga merangkak naik. Nova enggan mengomentari normal atau tidaknya kenaikan bawang puith karena pihaknya harga bertugas melakukan monitoring harga.

**Baca juga: Harga Bawang Putih di Pasar Ciputat Rp60 Ribu.

“Setelah monitoring kita melaporkan ke ketahanan pangan,” jelas Nova. Kemudian laporan ditindaklajuti ke Pemerintah Provinsi Banten.

Apakah ada rencana operasi pasar?. Nova menjelaskan sampai saat ini Pemerintah Kota Tangsel belum merencanakan gelar operasi pasar.(yud)

Berita Terbaru