oleh

Spesifikasi Proyek Betonisasi di Sepatan Timur Diduga Tak Sesuai

Kabar6-Sejumlah aktivis pemuda di Tangerang Utara, Kabupaten Tangerang menemukan kejanggalan pada proyek betonisasi jalan di RT 05 RW 03, Desa Kedaung Barat, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang, yang diduga dikerjakan tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Burhan Bauk, salah satu aktivis pemuda Tangerang Utara mengatakan proyek betonisasi jalan di Desa Kedaung Barat, Kecamatan Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Tangerang 2018 diduga tidak sesuai dengan spesifikasi. Hal tersebut lantaran, terdapat beberapa kejanggalan dalam proses pelaksanaannya.

“Diduga pelaksana mengurangi volume dan hamparan plastik tidak merata. Hal tersebut tentu akan mengurangi kualitas beton,” kata Burhan saat ditemui Kabar6.com, Senin, (10/12/2018).

Menurut Burhan, pada proyek betonisasi jalan di Desa Kedaung Barat, Kecamatan Sepatan Timur tersebut banyak kejanggalan ataupun kecurangan seperti, penggunaan papan bekisting cor yang sudah rapuh karena sudah digunakan berulang-ulang.

“Pembangunan proyek acakadut. Selain hamparan plastik tidak merata, plastik tersebut juga menggunakan plastik limbah gulungan. Dowel tiang berjarak 55 sentimeter, harusnya jaraknya 30 sentimeter. Oprit atau sambungan beton yang seharusnya dibongkar pada proyek tidak dibongkar,” ujarnya.

Burhan menambahkan, akibat pengerjaan betonisasi yang dinilai tidak sesuai spesifikasi ini membuat jalan yang baru saja di cor langsung mengalami keretakan pada bagian atas beton.**Baca Juga: Workshop Aplikasi Siskeudes Digelar di Tigaraksa.

“Baru semalam di cor tapi sekarang bagian atas beton sudah pada retak-retak. Ini pasti karena plastik yang dipakai bukan plastik khusus beton dan dipasang tidak rata,” pungkasnya.(Tim K6)

Berita Terbaru