oleh

Spesifikasi Pesawat Tecnam P2006T yang Jatuh di BSD Tangsel Versi Pengamat

image_pdfimage_print

Kabar6-Pengamat penerbangan, Gerry Soejatman mengatakan, pesawat Tecnam P2006T yang terjual di seluruh dunia ada sekitar 500 unit. Pesawat nomor registrasi PK-IFP jatuh di Lapangan Sunburst BSD, Cilenggang, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan, kemarin.

“Namun di Indonesia hanya ada beberapa saja,” katanya saat dikonfirmasi kabar6.com, Selasa (21/5/2024) petang.

Gerry terangkan, untuk spesifikasinya pesawat P2006T bermesin ganda yang teringan di kelas pesawat tersertifikasi (non-eksperimental). Biaya operasi murah, dan disertai cockpit yang cukup canggih.

Namun seperti jenis lain di kelas dan kategori yang sama, pesawat P2006T tidak dilengkapi dengan radar cuaca maupun perekam data seperti kotak hitam (blackbox). **Baca Juga: Polres Tangsel Jadwalkan Periksa Pemilik Pesawat Jatuh di BSD

“Mesin pesawatnya memang di design untuk menggunakan bensin mobil dengan oktan di atas 92,” terang.

Blackbox (Cockpit Voice Recorder dan Flight Data Recorder) memang akan mempermudah investigasi. Tetapi masih banyak cara lain untuk menjalankan investigasi bagi Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menggunakan analisa material bagian sisa pesawat, mesin, dan lain-lain.

Menurut Gerry, kemungkinannya kecil sekali jika kejadian diakibatkan kehabisan bahan bakar. Alasannya kkarena pilot akan memberi tahu kondisi darurat ke pihak ATC jika sisa bahan bakarnya tinggal di bawah 30 menit terbang.

“Pilot terbang juga menghitung penggunaan dan sisa bahan bakar,” ucap Gerry.

Diketahui, pesawat Tecnam P2006T registrasi PK-IFP yang terbang dari Tanjung Lesung, Banten, jatuh pada Minggu (19/5/2024) sekitar pukul 14.00 WIB. Tiga orang yakni pilot, penumpang dan engineering yang ada di pesawat meninggal dunia.

KNKT menganalisa pesawat ingin mendarat darurat tapi lebih dulu menabrak pohon. Saat jatuh yang membuat bagian depan pesawat hancur berkeping-keping menandakan kondisi ban pesawat belum keluar.(yud)

Print Friendly, PDF & Email