oleh

Sosialisasi Rasa Solidaritas dan Ikatan Sosial di Tangerang

Kabar6-Sekitar 200 tokoh masyarakat dan pemuda yang terdiri atas berbagai suku, ras, dan agama di Kabupaten Tangerang mengikuti sosialisasi peningkatan rasa solidaritas dan ikatan sosial.

Acara ini digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik di Islamic Center Citraraya, Kecamatan Panongan, Rabu (25/9/2013).

“Saya menyambut baik sosialisasi ini, agar masyarakat Kabupaten Tangerang memahami dan mengerti pentingnya rasa solidaritas dan ikatan sosial di masyarakat sehingga tercapai persatuan dan kesatuan NKRI,” kata Maesyal Rasyid, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asda I) saat membuka sosialisasi.

Ia menyebutkan, Indonesia sebagai Negara Kesatuan memiliki ciri khas, yakni kebhinekaan ras, suku, budaya, dan agama yang tersebar di wilayah nusantara yang menjadi satu bangsa, satu tanah air, dan satu bahasa yaitu Indonesia.

“Itu semua kekayaan bangsa dan negara kita. Namun, di sisi lain perbedaan yang ada harus dipahami agar tidak terjadi pertikaian antar suku, ras, dan agama, apalagi wilayah Kabupaten Tangerang dihuni berbagai suku, ras, budaya, dan agama yang berbeda-beda yang berbaur menjadi satu,” tutur Asda I yang akrab disapa Rudimaesyal.

Ia berharap, hasil sosialisasi yang telah dipahami peserta dapat ditransformasikan kepada masyarakat luas di setiap kecamatan.

“Dengan pemahaman rasa solidaritas dan ikatan sosial, ketika ada permasalahan kemasyarakatan, kita dapat memahami perbedaan di wilayah masing-masing hingga tidak terjadi tindakan anarkis,” terangnya.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tangerang Osman Jayani mengatakan, peserta sosialisasi yang diundang merupakan tokoh di Kabupaten Tangerang, yakni tokoh masyarakat, pemuda, dan agama.

“Dari masing-masing kecamatan kita  undang lima orang sehingga jumlah peserta yang mengikuti sosialisasi sebanyak 200 orang,” ucapnya.

Dijelaskan Osman Jayani, tujuan sosialisasi adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang kerukunan sosial, sehingga terwujud Kabupaten Tangerang yang tenteram, aman, damai, dan gemilang.

Dalam sosialisasi sehari yang menghadirkan Staf Ahli Bupati Bambang Mardi dari UNIS Tangerang sebagai narasumber tersebut, tampak hadir pejabat di lingkungan Kesbangpol.(hms/jus)

Berita Terbaru