oleh

Soal Plagiarisme, Akademisi Untirta Banten Surati Jokowi

Kabar6-Untuk kedua kalinya, Soleh Hidayat kembali terpilih sebagai rektor Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten. Padahal diketahui, Soleh Hidayat diduga telah melakukan plagiarisme, untuk tulisan berjudul “Untirta Menuju Kelas Dunia”.

 

Soleh Hidayat menang dalam pemilihan rektor Untirta dengan perolehan suara 38. Dia menyisihkan calon lain yakni Syadeli Hanafi yang mendapat dukungan 15 suara, dan Mas Iman Kusnandar dengan dua suara. ** Baca juga: Rektor Untirta Diduga Lakukan Plagiarisme

 

Menurut akademisi Untirta, Gandung Ismanto, syarat diangkat sebagai rektor adalah tidak pernah melakukan plagiarisme.


“Pada Pasal 4 point L, tertulis bahwa, persyaratan untuk diangkat sebagai rektor tidak pernah melakukan plagiat sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan,” tegasnya, Jumat (12/06/2015).

 

Hal tersebut, kata Gandung, tertulis jelas dalam Permenristek Dikti No 1 tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Rektor/Ketua/Direktur Pada Perguruan Tinggi Negeri.

 

Karena itulah, dirinya akan menyurati Presiden Jokowi agar dapat bersikap tegas.

 

“Menteri (menristekdikti) tidak konsisten dengan peraturan yang dibuatnya sendiri. Saya pikir Presiden harus tau,” tambahnya.

 

Gandung mengatakan, Sekjen Kemenristek Dikti, Ainun Naim, berjanji akan menegakkan aturan bahwa rektor tidak boleh terkena kasus plagiarisme.

 

“Masih ada waktu hingga Oktober mendatang, sebelum pelantikan rektor terpilih. Jika Menteri mau konsisten dengan peraturan yang dibuatnya sendiri,” tegasnya.

 

Sementara itu, Soleh Hidayat akan memimpin Untirta dalam kurun waktu 2015-2019. Pelantikan dirinya sebagai rektor akan dilakukan pada 7 Oktober 2015 mendatang. ** Baca juga: Petugas Temukan Sabu di Kamar Kos Wanita di BSD

 

“Alhamdulillah, sidang senat dan menteri, tentu juga Allah memberikan amanat kepada saya untuk mengemban kembali jabatan sebagai Rektor Untirta. Amanat ini tentu akan terasa berat jika tidak didukung semua pihak. Kemenangan ini kemenangan semua pihak, termasuk mahasiswa,” ujar Soleh Hidayat. (tmn/din)

Berita Terbaru