oleh

Soal PKL Tangsel, Begini Kata Kasatpol PP

Kabar6-Kepala Satuan Polisi Pamong Praja  (Kasatpol PP) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Azhar Syam’un Rachmansyah, mengakui bila para Pedagang Kaki Lima (PKL) kerap main ‘kucing-kucingan’ dengan pihaknya. Mereka selalu kembali menggelar lapak dagangannya usai ditertibkan.

“Kalau malam (menggelar lapak) silahkan. Jangan pagi sampai petang hari” terangnya saat ditemui kabar6.com disela-sela penertiban PKL di pasar Serpong, Senin (28/10/2013).

Ia juga tidak menampik bila di kolong fly over pasar Ciputat telah berdiri sebuah posko pengamanan untuk Satpol PP bertugas. Namun, kata Azhar, seringkali posko tersebut dalam keadaan kosong karena tidak dijaga oleh petugas.

Azhar mengklaim, pengaktifan petugas yakni setiap harinya posko tersebut dijaga oleh sejumlah petugas Satpol PP. Pun ditambah dengan jumlah tenaga patroli keliling menggunakan mobil yang dilaksanakan secara rutin.

Menurut Azhar, pemerintah daerah tidak melarang para PKL berjualan karena ini menyangkut hajat hidup orang. Sementara bagi PKL yang ada di sekitar pasar Serpong, jika besok kembali menggelar lapak dagangan dipinggir jalan pihaknya bakal diangkut. Baca juga: DKP Tangsel Ambilalih Penanganan Sampah Pasar.

“Mungkin kalau kemarin anggota tidak diberikan uang makan, kalau sekarang kita kasih. Intinya jangan di tengah jalan, Tapi juga jangan sampai ganggu pengguna jalan lainnya,” ujar Azhar. Baca juga: Satpol PP Tertibkan PKL Pasar Ciputat.

Ketika disinggung kegiatan penertiban itu diibaratkan seperti hangat-hangat tahi ayam. Alasannya, sudah beberapa kali terjadi pergantian orang nomor satu di aparat penegak peraturan daerah (Perda) itu. Baca juga: Satpol PP VS PKL, Kucing-kucingan di Fly Over Ciputat.

“Ya lihat saja nanti,” singkat mantan Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Tangsel itu.(yud)

 

Berita Terbaru