oleh

SMS Gateway Efektif Layani Pengaduan Masyarakat Tangsel

Kabar6-Kepala Bagian Pengelola Teknologi Informasi (BPTI) Sekretariat Daerah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Aplahunnajat membenarkan bahwa Dinas Pendidikan Kota Tangsel paling akhir menyelesaikan proses asistensi penyusunan RKA.

“Karena pimpinan sekolah-sekolah jadi PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan). Sehingga kami harus terlebih dulu memberikan bimbingan teknis kepada mereka,” terangnya kepada kabar6.com, Minggu (14/12/2014).

Para pejabat terkait diberikan kode login password saling berbeda antara satu dengan lainnya, meskipun masih bernaung di SKPD yang sama. “Sehingga antara PPTK enggak bisa melihat penyerapan penggunaan anggaran punya temannya,” terang Aplah.

Menurut ia, sebelumnya BPTI Setda Tangsel pun telah lama menggulirkan sistem  Informasi Teknologi lainnya yang kian canggih. Seperti halnya penerapan SMS Gateway di jalur sambungan nomor 0878-88996363.

Layanan tersebut sengaja dirancang sebagai media saluran komunikasi antara masyarakat dengan Pemkot Tangsel. Beragam jenis informasi dan pengaduan dari masyarakat yang konstruktif terkait sistem pelayanan publik bisa dijembatani oleh BPTI Kota Tangsel.

Melalui pesan singkat ke nomor di atas, tambah Aplah, aspirasi dari masyarakat Kota Tangsel dapat langsung disampaikan kepada pejabat berwenang.

Tentunya semua sambungan SMS telah disaring, hasilnya dapat dilihat pada tampilan situs resmi di www.tangerangselatankota.go.id. **Baca juga: RKA Dinas Pendidikan Tangsel 2015 Terlambat.

Aplah mengaku, telah banyak keluhan dari warga yang telah berhasil diselesaikan melalui komunikasi SMS Gateway. Seperti pembuatan KTP atau KK yang tidak kunjung selesai, adanya pungli dalam proses layanan administrasi seperti perizinan atau rekomendasi dan lain sebagainya.

“Ada kepuasan tersendiri ketika berhasil membantu warga yang menyampaikan keluhannya melalui penerapan aplikasi model SMS Gateway ini.” tambahnya.

Aplah pun seraya mengaku juga memiliki saluran komunikasi lainnya yang belum ditampilkan pada web, yaitu email resmi dengan alamat info@tangerangselatankota.go.id dan aplikasi Smart Tangsel.(yud)

Berita Terbaru