oleh

SMPN 4 Tangsel Siap Jadi Percontohan UN Online

Kabar6-Sukses Ujian Nasional (UN) berbasis CBT (Computer Based Test) alias UN Online di SMPN 4 Tangerang Selatan (Tangsel), Kecamatan Pamulang, kiranya tidak datang ujug-ujug (tiba-tiba).

 

Karena, keseriusan perjuangan dan kekompakan seluruh elemen di SMPN 4 yang terjalin selama ini, menjadi salah satu pemicu sukses yang kini diraih.

 

Ya, SMPN 4 terpilih menjadi satu-satunya SMP di Banten yang melaksanakan UN online. ** Baca juga: Kurdi Matin: Pembangunan Banten Terganjal Dana

 

Termasuk peran Hari Mulyadi S.skom, selaku Ketua Tim Proktor (Pengawas dan Pengendali Jaringan Komputer) di SMPN 4 Tangsel.

 

“Tentunya banyak suka dan dukanya sebelum sampai ke titik ini,” ujarnya saat ditemui kabar6.com, Rabu (6/5/2015).

 

Menurut Mulyadi, pascalulusnya SMPN 4 dalam verifikasi penyelenggara CBT oleh Pustekkom, persiapan intensif pun mulai dikebut.

 

“Saya makin merasa yakin UN Online akan terselenggara sukses, setelah mendapatkan pelatihan langsung dari Pustekkom,” ujarnya.

 

Mulyadi berharap, kedepan pemerintah bisa memberikan pelatihan pendidikan ilmu komputer berkesinambungan kepada seluruh Proktor se-Indonesia.

 

“Dengan penambahan ilmu bagi Proktor, maka kedepan akan lebih banyak lagi sekolah yang bisa melaksanakan program UN Online,” katanya.

 

Sedianya, UN Online lebih memudahkan siswa dalam belajar dan melaksanakan ujian. Karena dengan sistem CBT, pelajar tidak perlu lagi repot membawa alat tulis. Terlebih, fitur-fitur di komputer kini sudah sangat sederhana.

 

Diketahui, UN Online di SMPN 4 Tangsel diikuti oleh sebanyak 269 siswa, sekaligus menjadi percontohan bagi sekolah lain yang sederajat, yang masih menggunakan sistem manual dalam UN.(cep)

Berita Terbaru