oleh

SMAN 3 Tangsel Latih Siswa Cerdas Lewat Program CIBI

Kabar6-Pihak SMAN 3 Tangerang Selatan (Tangsel) terus mengasah kemampuan siswanya yang masuk dalam program unggulan Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CIBI).

 

 

Sedianya, program ini berada di bawah pengawasan langsung pihak Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

 

Demikian dikatakan Kepala Sekolah SMAN 3 Tangsel, Sopandy Mpd saat ditemui kabar6.com, Kamis (16/04/2015).

 

Menurutnya, program CIBI adalah program unggulan bagi para siswa yang kecerdasaanya berada di atas rata-rata siswa normal atau memiliki IQ diatas 130, dan direkomendasikan oleh pihak sekolah.

 

“Kami hanya punya satu kelas CIBI akselerasi yang diikuti oleh 23 siswa yang memiliki kecerdasan luar biasa,” ujar Sopandy.

 

Para siswa itu juga mampu menyelesaikan sekolahnya dalam dua tahun, atau lebih cepat dari siswa normal yang menjalani pendidikan selama tiga tahun.

 

“Selain CIBI akselerasi, disini kami juga punya program CIBI pengkayaan dan bakat istimewa,” ujar Sopandy. ** Baca juga: Presiden Tuntut Optimalkan Pemanfaatan Hasil Iptek

 

Program ini, menambah materi pelajaran bagi siswa yang ingin meneruskan ke perguruan tinggi, dengan pengajarnya para dosen dari perguruan tinggi negeri.

 

Sedangkan untuk bakat istimewa adalah, para siswa yang mempunyai bakat seperti pebulu tangkis atau pencak silat akan diakomodir serta di uji sesuai kopetensi pihak luar, seperti PBSI maupun IPSI.(yud/mg1)

Berita Terbaru