Home / Aneka Berita / Busyet Dah / Skotlandia Terapkan Larangan Merokok dalam Mobil Saat Bersama Anak
Ilustrasi/bbs

Skotlandia Terapkan Larangan Merokok dalam Mobil Saat Bersama Anak

Kabar6-Untuk menekan jumlah perokok pasif anak-anak, otoritas kesehatan Skotlandia menerapkan peraturan yang melarang merokok dalam mobil saat bersama dengan anak-anak.

Bagi yang melanggar, akan dijatuhi denda sekira Rp1,7 juta di tempat. Melansir doktersehat, anak-anak yang dimaksud adalah setiap orang yang masih berusia di bawah 18 tahun. Skotlandia sendiri termasuk dalam negara yang sedang merencanakan generasi bebas tembakau. Pemerintah setempat juga sedang berjuang untuk menurunkan angka perokok hingga di bawah lima persen populasi pada 2034 mendatang.

Peraturan ini sendiri sebenarnya mengadopsi peraturan yang sudah berlaku di negara tetangga, Inggris dan Wales semenjak Oktober 2015 lalu. Menteri Kesehatan Skotlandia, Aileen Campbell, menyebutkan jika sebelumnya banyak anak-anak yang terpapar senyawa kimia berbahaya karena berkendara dalam mobil dengan para perokok, khususnya orang tua.

Meskipun jendela dibuka, asap rokok akan tetap terhirup oleh anak-anak dan bisa memicu berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, gangguan paru-paru, dan lain sebagainya. ** Baca juga: Bocah 5 Tahun Bikin CV Belasan Halaman untuk Daftar Sekolah Dasar

Dengan adanya peraturan ini, diharapkan orangtua lebih menyadari bahaya asap rokok pada anak-anaknya dan mampu menghindarkan anak dari paparan asap rokok yang sangat berbahaya bagi kesehatannya.(ilj/bbs)

Check Also

Gila! Turis Asal Dubai Harus Bayar Ratusan Juta di Restoran Tiongkok

Kabar6-Sekelompok turis asal Dubai mengadu kepada pihak berwajib di Tiongkok, karena merasa diperlakukan tidak semestinya ...