oleh

Skeleton Coast, Pantai di Namibia yang Dijuluki ‘Gerbang Neraka’

Kabar6-Tidak seperti pantai lain yang memiliki banyak hewan laut kecil di sepanjang hamparan pasirnya, pantai Skeleton Coast yang terletak di ujung gurun Namibia ini bagi banyak orang sangat misterius dan bahkan menakutkan.

Bagaimana tidak, melansir thedailybeast, di sepanjang pantai tersebut terdapat ratusan tengkorak dan tulang belulang yang berserakan. Nama Skeleton Coast memang sesuai dengan kondisinya yang penuh rangka manusia dan hewan. Reputasi ‘seram dan misterius’ Skeleton Coast sudah dikenal para penjelajah Portugis dan masyarakat lokal.

Ada banyak julukan untuk pantai ini, misalnya ‘Gerbang Neraka’ yang diberikan oleh penjelajah Portugis pada abad ke-15. Selain itu, suku Bushman yang mendiami gurun Namibia percaya jika pulau tersebut adalah hasil karya ‘Tuhan yang sedang marah’.

Kabarnya, tengkorak dan tulang belulang yang berserakan itu adalah milik mereka yang tersesat dan akhirnya mati. Selain menjadi ‘kuburan’ bagi tengkorak makhluk hidup, pantai ini juga menjadi tempat bagi bangkai kapal. Konon dahulu kawasan ini terkenal sebagai tempat berburu paus dan anjing laut. Nah, kapal-kapal tersebut adalah milik pemburu yang kandas menabrak karang dan ditinggal begitu saja.

Terlepas dari keangkerannya, pantai ini masuk dalam salah satu taman nasional di Namibia. Sebagai taman nasional, kawasan ini dibuka untuk pengunjung umum. Hanya saja pihak pengelola sangat membatasi jumlah kunjungan wisatawan.

Dalam satu tahun, hanya diperbolehkan kunjungan sebanyak 800 turis saja. Wisatawan yang datang ke tempat ini akan diajak untuk mengikuti tur safari dengan tarif cukup fantastis yaitu Rp81 juta. ** Baca juga: Ilmuwan di AS Ajari Tikus Menyetir Mobil Mainan

Wow!(ilj/bbs)

Berita Terbaru