oleh

Siswa SMK di Banten Motor Buat Perahu Motor Bertenaga Gas

Kabar6-Siswa SMK di Banten segera membuat perahu motor tempel untuk nelayan. Agar tidak bergantung pada Bahan Bakar Minyak (BBM) yang kini harganya tidak stabil, perahu motor akan menggunakan tenaga gas.

Sedianya, program ini di gagas oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Provinsi Banten bekerjasama dengan Banten Global Education (BGE).

“Kita akan mendayagunakan apa yang sudah dipelajari siswa selama ini. Nanti kita produksi (motor perahu tempel) pakai gas,” kata Dirut BGE, Ricky, saat melihat persiapan pembuatan mesin tempel perahu di SMK Negeri 2 Kota Serang, Selasa (31/3/2015).

Sedianya, pendayagunaan hasil karya ini juga bertujuan agar siswa SMK di Banten menghasilkan karya tangan sendiri, agar mampu bersaing setelah lulus sekolah.

Terlebih, siswa SMK tanah jawara dipersiapkan agar mampu menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 yang akan berlangsung di akhir tahun ini.

“Jadi mereka (siswa SMK) langsung berhubungan dengan kenyataan. Sekarang melalui program ini, kita jadikan program nyata. Tapi nanti harus di bagi kerja nya ke berbagai macam sekolah,” tegasnya. **Baca juga: Mulyadi Jayabaya Pimpin Kadin Banten 2015-2020.

Tak hanya membuat motor perahu tempel, namun siswa SMK pun akan membuat karya berupa traktor tangan yang berguna bagi para petani di Banten.

“Yang ngerakit semua anak-anak SMK, tapi kemarin masih kerjasama (mentoring) bareng Politeknik Indramayu. Target satu minggu satu unit,” kata Kepala Sekolah SMK Negri 2 Kota Serang, Lilik Hidayatullah.(tmn/din)

Berita Terbaru