oleh

Sinyal Sederhana dari Tubuh yang Tunjukkan Anda Kurang Sehat

Kabar6-Pada saat tertentu, mungkin Anda merasa kurang sehat, entah itu karena tubuh terasa demam, perut tidak nyaman, kepala sakit, dan lain sebagainya.

Namun masih banyak orang yang kurang menyadari bahwa tubuh selalu mengirimkan sinyal yang menunjukkan ada sesuatu tidak beres. Melansir idntimes, berikut sejumlah tanda sederhana yang menunjukkan indikasi kondisi kesehatan tubuh Anda. Apa sajakah itu?

1. Urine berwarna dan berbau aneh
Kejernihan hingga bau dari urine yang Anda keluarkan adalah tanda-tanda tubuh. Jika memiliki bau yang kuat atau berwarna gelap, Anda perlu memperhatikan hal tersebut dan memperbanyak minum air putih. Jika tidak berubah, hubungi dokter.

2. Kuku berwarna atau bertekstur aneh
Umumnya para perokok dan beberapa pewarna kuku menyebabkan warna kuning untuk kuku sendiri. Warna itu bisa jadi adanya siklus dalam tubuh yang tidak benar, serta penumpukan cairan tubuh. Jika memiliki pertumbuhan kuku yang aneh, bisa jadi Anda mengalami gangguan nutrisi.

3. Perut dipenuhi gas
Buang angin 10 hingga 20 kali per hari adalah kondisi yang normal. Tetapi jika lebih dari itu, bisa jadi kelebihan gas akibat makanan yang kita konsumsi.

Tidak adanya toleransi terhadap laktosa bisa jadi penyebab, termasuk iritasi usus. Hal ini tidak mengindikasikan tubuh sakit, tetapi jika tidak segera diatasi, tubuh bisa berfungsi tidak optimal.

4. Mendengkur
Secara medis, mendengkur sering diidentikkan dengan berat badan yang berlebih, penyakit jantung, stroke hingga GERD (gastroesophageal reflux disease). Bagi yang memiliki kebiasaan ini, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk membicarakannya.

5. Selalu lelah
Kelelahan bisa disebabkan karena olahraga, pekerjaan monoton sehari-hari dan lain sebagainya. Tetapi jika kelelahan tersebut berlebihan, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami dehidrasi, kandungan besi yang kurang atau terlalu banyak gula. Selain itu, kelelahan juga bisa jadi indikasi Anda memiliki penyakit kronis.

6. Jerawat
Jerawat sudah menjadi permasalahan keseharian mereka yang memasuki tahap pubertas. Namun, di mana jerawat itu muncul juga mengindikasikan berbagai hal. Lewat pemetaan wajah bisa diketahui kesehatan kita.

Contoh, jerawat di dahi mengindikasikan gaya hidup yang kurang baik. Sedangkan di bawah dagu, lebih sering diasosiasikan dengan isu pencernaan.

7. Mata tidak putih
Jika bagian warna putih di mata tidaklah berwarna putih melainkan kuning, itu berarti terdapat masalah yang berhubungan dengan liver dan pankreas.

Bisa jadi pertanda Anda terkena hepatitis. Mata merah bisa jadi tanda Anda kurang tidur, sehingga mata terlalu tegang dan dapat menyebabkan pembuluh darah mata pecah. ** Baca juga: Selain Gula, Ada Penyebab Lain yang Bikin Tubuh Cepat Gemuk

Jangan remehkan sinyal sederhana yang ditunjukkan oleh tubuh.(ilj/bbs)

Berita Terbaru