oleh

Singkirkan 4 Benda Ini dari Tempat Tidur Agar Istirahat Anda Lebih Berkualitas

Kabar6-Harus diakui, sebagian besar orang mungkin juga termasuk Anda, menjadikan tempat tidur sebagai pusat aktivitas. Tidak melulu sebagai tempat istirahat, ada banyak kegiatan yang dilakukan di atas tempat tidur.

Mulai dari mengemil, membaca buku, hingga menyelesaikan pekerjaan kantor. Padahal, kebiasaan ini memicu gangguan tidur sehingga Anda mendapatkan tidur yang kurang berkualitas.

Lantas, bagaimana solusinya? Melansir Pesona, ini beberapa benda yang sebaiknya tidak diletakkan di tempat tidur agar istirahat Anda lebih berkualitas:

1. Buku
Menurut ahli, kegiatan membaca buku tidak tepat dilakukan karena fungsi tempat tidur sebenarnya hanyalah tempat istirahat dan bercinta.

Membaca akan membuat otak Anda berpikir, dan menjadi penasaran untuk melanjutkan hingga halaman terakhir. Ujung-ujungnya, kuantitas tidur berkurang dan kualitas tidur pun menurun.

2. Peralatan kerja
Meskipun terkadang Anda terpaksa mengerjakan tugas kantor di rumah, sebaiknya lakukan di meja kerja, bukan di atas tempat tidur. Bekerja di tempat tidur membuat otak yang dikondisikan untuk tidur akan terganggu ritmenya.

Menurut peneliti dari Division of Sleep Medicine dari Harvard University, AS, sebanyak 80 persen profesional muda menjadi mudah lelah karena tidurnya kurang nyenyak akibat bekerja di tempat tidur sebelum beristirahat.

3. Makanan
Makanan tidak seharusnya berada di atas tempat tidur, salah satunya akan meninggalkan sisa yang mengundang bakteri dan semut. Kadi Dulude, pemilik jasa cleaning service Wizard of Homes di New York, mengungkapkan kalau tempat tidur idealnya hanya digunakan untuk beristirahat.

4. Smartphone
Salah satu alasannya, getaran notifikasi pesan masuk akan menganggu tidur lelap Anda. Sinar dari smartphone juga bisa menganggu produksi hormon melatonin, yang membuat Anda sulit tidur.

Lebih baik letakkan smartphone di meja rias atau meja kerja, pilih mode airplane, dan besarkan volume untuk alarm. ** Baca juga: Sebaiknya Tidak Konsumsi Makanan Ini dalam Kondisi Mentah

Yuk, singkirkan keempat hal tadi agar tidur Anda lebih berkualitas.(ilj/bbs)

Berita Terbaru