oleh

Singa Mas, Seni Bela Diri Tiongkok Pertama di BSD City

Kabar6-Singa Mas merupakan perguruan seni bela diri Tiongkok pertama di kawasan BSD City. Sejak didirikan pada 1998, telah tercatat lebih dari seratus anggota Singa Mas.

 

Dipimpin oleh Tjiong Wakie atau yang biasa dipanggil Pak Keket, Singa Mas telah banyak memberi sumbangsih ilmu bela diri kung fu dan seni wushu kepada anak-anak BSD City.

 

“Sebenarnya, Singa Mas merupakan generasi penerus dari perguruan Kun Taw Hidup Gaya Baru pimpinan Papah saya sendiri atau Pak Keket, yang sudah ada sejak tahun 1954 di Jakarta. Setelah berganti nama menjadi Singa Mas sejak pindah ke BSD City, pada tahun 1998,” ujar Yohanes.

 

“Anggota kami umumnya adalah remaja dan anak-anak, yakni mulai usia 8-25 tahun. Umumnya yang dipelajari adalah seni bela diri, untuk barongsai, biasanya ada latihan khusus,” ungkap Yohanes, yang juga mengatakan bahwa seni barongsai dapat dipertunjukan, tidak hanya saat perayaan Imlek.

 

“Kami juga seringkali mendapat order pertunjukan, di acara-acara lain seperti pesta ulang tahun, wedding, grand opening toko atau kantor dan lain sebagainya,” ujar Yohanes, yang tidak memasang harga mahal untuk pertunjukannya.  ** Baca juga: Tambah Wawasan Agen, SPC Gelar Edukasi dan Pelatihan

 

Eksistensi atraksi barongsai Singa Mas BSD City, telah berhasil meraih gelar Juara I, piala Bupati Tangerang Cup 2011. “Mudah-mudahan Singa Mas akan terus berjaya,” ujar Yohanes penuh semangat.(asri)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru