oleh

Sing Sing, Penjara dengan Reputasi Mengerikan di Dunia yang ‘Ramah’ Terhadap Napi Muslim

Kabar6-Sing Sing Correctional Facility atau Penjara Sing Sing terletak 30 mil sebelah utara New York City. Lembaga Pemasyarakatan (LP) ini ini masuk dalam deretan rumah pesakitan tertua di Amerika, yang dibuka pertama kali pada 1826 silam.

Nama Sing Sing sendiri diambil dari nama sebuah suku asli Amerika ‘Sinck Sinck’ (Sint Sinck). Seperti penjara lainnya, melansir Boombastis, Sing Sing memiliki keamanan yang super ketat, bahkan masuk dalam kategori 50 LP dengan reputasi mengerikan di dunia. Sing Sing menampung sekira 1.600 napi, dan sudah mengeksekusi mati 614 penjahat di kursi listrik. Para penunggu rumah pesakitan ini kebanyakan mereka yang terlibat kasus pembunuhan.

Hal yang berbeda dari penjara lain, Sing Sing menjadi primadona bagi napi yang pemeluk Islam. Diketahui, sebanyak 80 persen tahanan adalah muslim. Rumah tahanan ini memiliki fasilitasi untuk beribadah. Para napi bebas melaksanakan salat, puasa, zikir, mendengarkan ceramah agama, bahkan buka bersama saat Ramadan tiba. Di sini pula, ada banyak penjahat yang menjadi mualaf.

Sing Sing pun kerap menerima tahanan muslim pindahan dari rutan lain. Tidak hanya memfasilitasi muslim dengan sangat baik, Sing Sing juga menyediakan kursus musik. Bekerjasama dengan Courtney Hall, penyelenggara konser terkenal Amerika, setiap dua kali dalam satu bulan didatangkan seniman dari kota New York, dan menghabiskan satu hari penuh untuk melatih sekira 30 narapidana yang sudah terdaftar dalam program Musical Connection. Program ini sendiri sudah ada sejak 10 tahun yang lalu. ** Baca juga: Jarang Terjadi, 2 Gorila Pose Lucu dengan Penjaga Taman Nasional

Disebutkan, Sing Sing menjadi oase tersendiri yang mengobati dan memberikan ketenteraman jiwa bagi narapidana yang sudah melakukan berbagai tindak kriminal berat, dengan mengubah mereka menjadi sosok lain yang lebih baik, penduli sesama, serta memunculkan tekad untuk tidak kembali ke dunia hitam.(ilj/bbs)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru