oleh

Siloam Hospital Sabet 2 Penghargaan Asian Patient Safety Awards 2014

Kabar6-Siloam Hospitals meraih dua penghargaan dalam ajang Patient Safety Awards 2014 pada kongres Internasional ke-4 mengenai keselamatan pasien yang berlangsung di Kolkata, India, pada Jumat (05/9/2014) dan Sabtu (06/9/2014) kemarin.

Penghargaan Excellence Winner untuk kategori Mediciation Safety di raih oleh Siloam Hospitals Lippo Village, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Sedangkan untuk predikat grand winner untuk kategori Safe Communication dalam ajang yang sama, diraih Siloam Hospital Kebon Jeruk.

Anak perusahaan PT Lippo Karawaci Tbk itu, dinilai mampu mengimplementasikan sistem Early Warning Score (EWS) sebagai panduan tim medis baik dokter atau perawat dalam mendeteksi dan merespon kondisi akut pasien.

CEO Siloam Hospitals Lippo Village, dr Anastina Tahjoo mengatakan, dengan mutu pelayanan dan pasien safety, maka kesalahan dalam pemberian obat dapat dicegah.

“Hal itu dibuktikan Siloam Hospital Lippo Village, dengan mengimplementasikan penggunaan lima stiker informasi yang harus diketahui oleh pasien dan staf farmasi. Dan, dampaknya sudah terlihat, yaitu tingkat medication error yang menurun di tahun 2014 ini,” katanya kepada kabar6.com, Senin (15/9/2014).

Sementara, Direktur eksekutif Siloam Hospitals Kebun Jeruk, Caroline Riady mengatakan, peringatan dini dan pencegahan awal merupakan kunci sukses dalam manajemen pasien di rumah sakit. Sistem ini pula yang dapat menurunkan peringatan kode biru.

“Hasilnya dapat dilihat, dokter kami mampu melakukan tindakan sebelum terjadinya situasi henti jantung atau henti nafas. Ini merupakan tindakan proaktif yang dapat memberikan peluang pemulihan optimal pada pasien,” paparnya.

Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, Romeo Lledo, menyambut antusias prestasi ini. Dua penghargaan yang diterima begitu membanggakan. **Baca juga: Sehat Alami dengan Terapi Oksigen Hiperbaric di Bethsaida Hospital.

“Dua penghargaan yang diterima oleh Siloam begitu mengagumkan. Terima kasih kepada semua pihak yang berperan dalam memajukan standar keselamatan rumah sakit kami. Kami juga ingin menyematkan ucapan selamat bagi Siloam Group secara keseluruhan atas penghargaan Best Practice 2014 dari Eouropean Society for Quality Research (ESQR) di Brussel, Belgia. Ini merupakan pondasi kuat  untuk rencana pengembangan Siloam kedepannya,” tegasnya.(fitrah)

Berita Terbaru