Sikapi Isu Penganiayaan Ustad, Polda Banten Terjunkan Timsus Orang Gila

kabar6.com
Kepala Bidang Humas Polda Banten AKBP Zaenudin.(ist)

Kabar6-Kepolisian Daerah (Polda) Banten menerjunkam Tim Khusus (Timsus) untuk melakukan pendataan terhadap orang gila yang ada di wilayah itu.

Itu dilakukan guna memberikan rasa aman bagi warga terkait maraknya isu penganiayaan Ulama atau Ustad yang akhir-akhir ini tengah viral di media massa dan media sosial.

Kepala Bidang Humas Polda Banten AKBP Zaenudin mengatakan, berdasarkan data yang dirilis Pemerintah Provinsi Banten pada 2015 silam, jumlah orang gila di tanah jawara ini mencapai 5.000 jiwa.

Untuk itu, Polda Banten beserta Polres jajaran melakukan pengecekan langsung atas keberadaan penyandang gangguan jiwa di beberapa tempat di wilayah hukum Polda Banten.

“Yah biar masyarakat tidak resah dan tidak buruk sangka bahwa ada skenario apa orang gila dikirim ke Banten. Ternyata, data tahun 2015 saja di Provinsi Banten, orang gila yang terdata jumlahya memang banyak sekitar 5000 orang, belum yang tidak terdata,” ungkap Zaenudin, kepada Kabar6.com, melalui pesan WhatsApp, Rabu (13/2/2018).

Dijelaskannya, kemungkinan besar tahun ini jumlah populasi orang gila di Banten bisa bertambah.

Mengantisipasi agar orang-orang tak berdosa itu tak dihakimi massa, kata dia, Polres Serang menggandeng Satpol PP dan Dinas Sosial menertibkan ribuan penderita gangguan jiwa tersebut.**Baca juga: Razia, Polresta Tangerang Amankan 10 Terduga Orang Gila.

“Jangan sampai orang gila lewat dikait-kaitkan akan membunuh Kiyai dan lainnya. Kasihan kita korban isu adu domba,” katanya.(Tim K6)